KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PJBL DAN MODEL KONVENSIONAL MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Main Author: Ashriah, Sitti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/17221/1/ARTIKEL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/17221/
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PjBL dan pembelajaran konvensional materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan bentuk pretest-postest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII C yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan Uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PjBL materi pencemaran lingkungan berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 58,23; (2) keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional materi pencemaran lingkungan berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 46,70; (3) ada perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PjBL dan model pembelajaran konvensional dimana peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran PjBL memiliki keterampilan berpikir kreatif lebih tinggi dibanding yang diajar melalui model pembelajaran konvensional. Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, project based learning, pembelajaran konvensional.