KESESUAIAN ANTARA MATERI PEMBELAJARAN DENGAN KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI RUPA) KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU

Main Author: Fitriana K, Vivi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/17166/1/Artikel%20Vivi%20Fitriana%20K.pdf
http://eprints.unm.ac.id/17166/
Daftar Isi:
  • Abstrak Permasalahan penelitian ini adalah kesesuaian antara materi pembelajaran dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian dalam RPP semester genap pada kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja yang dilaksanakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian antara materi pembelajaran dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian dalam RPP semester genap yang dikembangkan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah analisis isi (content) pada taraf penelitian deskriptif-kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang dipersiapkan oleh guru seni budaya (seni rupa) kelas 2 VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik purpossive sampling. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu menyesuaikan dan menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi pembelajaran telah sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator dalam rencana pelaksanaan pembelajaran semester genap pencapaian di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja. Materi pembelajaran dalam rencana pelaksanaan pembelajaran hanya dituliskan pokok-pokok materi saja tanpa dicantumkan materi ajar yang lengkap. Serta terdapat kekeliruan yakni alokasi waktu yang ditetapkan tidak cukup dalam mengajarkan materi penerapan ragam hias pada bahan keras.