PEMBELAJARAN TEATER DENGAN METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR ISLAM ATHIRAH 2 MAKASSAR
Main Author: | Annishah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/17030/1/NUR%20ANNISHAH%2C%201382041019%2C%202018.pdf http://eprints.unm.ac.id/17030/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nur Annishah, NIM 1382041019. 2017. Pembelajaran Teater Dengan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Islam Athirah 2 Makassar, dibimbing oleh Prusdianto , S.Pd., M.Sn dan Andi Ihsan, S.Sn., M.Pd. Skripsi. Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran teater pada siswa kelas I SD Islam Athirah 2 Makassar, (2) Menumbuhkan rasa percaya diri melalui pembelajaran teater pada siswa kelas I SD Islam Athirah 2 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi dan didukung oleh angket. Hasil penelitian disimpulkan ; (1) Metode demonstrasi yang digunakan pada siswa kelas I SD Islam Athirah 2 Makassar melalui pembelajaran teater dilakukan dengan beberapa peragaan yaitu, memperagakan cara mengucapkan dialog dengan benar, bagaimana bergerak dengan benar, berdialog dengan lawan main dan menggunakan properti dalam berteater. Siswa dibagikan peran masing-masing dan berproses latihan yang dibimbing oleh guru (2) Menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa kelas I SD Islam Athirah 2 Makassar yang telah mengikuti pembelajaran teater rata-rata telah tercapai dengan memperhatiakn beberapa karakteristik yang ditinjau dari beberapa cara mengumpulkan data. Kata Kunci : Pembelajaran, Metode Demonstrasi, Percaya Diri