Nilai Pendidikan Moral Dalam Kisah I Kukang Karya A. Gani
Main Authors: | Aliullah, Rachmat, Daeng, Kembong, Faisal, Muh. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/16993/1/1455041016%20Nilai%20Pendidikan%20Moral%20Dalam%20Kisah%20I%20Kukang%20Karya%20A.%20Gani%20.JURNAL.ARTIKEL.pdf http://eprints.unm.ac.id/16993/ |
ctrlnum |
16993 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/16993/</relation><title>Nilai Pendidikan Moral Dalam Kisah I Kukang Karya A. Gani</title><creator>Aliullah, Rachmat</creator><creator>Daeng, Kembong</creator><creator>Faisal, Muh.</creator><subject>Pend. Bahasa dan Sastra Daerah</subject><description>, 2019 “Nilai Pendidikan Moral dalam Kisah I Kukang karya
A. Gani”. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan
Sastra, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh dan ). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai pendidikan moral
yang terdapat dalam Kisah I Kukang karya A. Gani. Secara rinci, penelitian ini
bertujuan untuk mengungkap aspek kebaikan dan keburukan yang terkandung
dalam Kisah I Kukang karya A. Gani. Penelitian ini menggunakan desain
dekriptif kualitatif. Desain peneliatian ini digunakan untuk mengunkap nilai
pendidikan moral yang terdapat dalam Kisah I Kukang karya A. Gani. Yang
dimaksud desain deskriptif kualitatif yang bersifat eksploratif adalah rancangan
yang bersifat menggambarkan suatu gejala, proses atau keadaan yang tidak
menggambarkan angka-angka atau statistik. Setelah melakukan analisis sesuai
dengan teknik analisis data, ditemukan gambaran bahwa aspek kebaikan yang
terkandung dalam kisah I Kukang karya A. Gani yaitu: Kepedulian
(Sikarimanngi), penyayang (manngamaseang), kesopan santunan
(sipakalakbirik), rajin (siga), cerdas (carakdek), dan menasihati (sipakaingak).
Sedangkan aspek keburukan yaitu kekikiran (sekkek), sombong (ngoa), dan
angkuh (borro). nilai moral buruk atau sikap dan tingkah laku tokoh-tokoh yang
kurang terpuji, baik mereka berlaku sebagai tokoh antagonis atau protagonis,
tidaklah berarti bahwa pengarang menyarankan kepada pembaca untuk bersikap
dan bertindak secara demikian. Sikap dan tingkah laku tokoh tersebut hanyalah
model, model yang kurang baik, dan sengaja ditampilkan justru agar tidak diikuti,
atau minimal tidak dicenderungi, oleh pembaca. Pembaca diharapkan dapat
mengambil hikmah sendiri dari cerita tentang tokoh “jahat” itu. Eksistensi
sesuatu yang baik, biasanya, justru akan lebih mencolok jika dikonfrontasikan
dengan sebaliknya.
Kata kunci : Pendidikan, Moral, Pau-pau</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/16993/1/1455041016%20Nilai%20Pendidikan%20Moral%20Dalam%20Kisah%20I%20Kukang%20Karya%20A.%20Gani%20.JURNAL.ARTIKEL.pdf</identifier><identifier> Aliullah, Rachmat and Daeng, Kembong and Faisal, Muh. (2020) Nilai Pendidikan Moral Dalam Kisah I Kukang Karya A. Gani. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>16993</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Aliullah, Rachmat Daeng, Kembong Faisal, Muh. |
title |
Nilai Pendidikan Moral Dalam Kisah I Kukang Karya A. Gani |
publishDate |
2020 |
isbn |
9781455041015 |
topic |
Pend. Bahasa dan Sastra Daerah |
url |
http://eprints.unm.ac.id/16993/1/1455041016%20Nilai%20Pendidikan%20Moral%20Dalam%20Kisah%20I%20Kukang%20Karya%20A.%20Gani%20.JURNAL.ARTIKEL.pdf http://eprints.unm.ac.id/16993/ |
contents |
, 2019 “Nilai Pendidikan Moral dalam Kisah I Kukang karya
A. Gani”. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan
Sastra, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh dan ). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai pendidikan moral
yang terdapat dalam Kisah I Kukang karya A. Gani. Secara rinci, penelitian ini
bertujuan untuk mengungkap aspek kebaikan dan keburukan yang terkandung
dalam Kisah I Kukang karya A. Gani. Penelitian ini menggunakan desain
dekriptif kualitatif. Desain peneliatian ini digunakan untuk mengunkap nilai
pendidikan moral yang terdapat dalam Kisah I Kukang karya A. Gani. Yang
dimaksud desain deskriptif kualitatif yang bersifat eksploratif adalah rancangan
yang bersifat menggambarkan suatu gejala, proses atau keadaan yang tidak
menggambarkan angka-angka atau statistik. Setelah melakukan analisis sesuai
dengan teknik analisis data, ditemukan gambaran bahwa aspek kebaikan yang
terkandung dalam kisah I Kukang karya A. Gani yaitu: Kepedulian
(Sikarimanngi), penyayang (manngamaseang), kesopan santunan
(sipakalakbirik), rajin (siga), cerdas (carakdek), dan menasihati (sipakaingak).
Sedangkan aspek keburukan yaitu kekikiran (sekkek), sombong (ngoa), dan
angkuh (borro). nilai moral buruk atau sikap dan tingkah laku tokoh-tokoh yang
kurang terpuji, baik mereka berlaku sebagai tokoh antagonis atau protagonis,
tidaklah berarti bahwa pengarang menyarankan kepada pembaca untuk bersikap
dan bertindak secara demikian. Sikap dan tingkah laku tokoh tersebut hanyalah
model, model yang kurang baik, dan sengaja ditampilkan justru agar tidak diikuti,
atau minimal tidak dicenderungi, oleh pembaca. Pembaca diharapkan dapat
mengambil hikmah sendiri dari cerita tentang tokoh “jahat” itu. Eksistensi
sesuatu yang baik, biasanya, justru akan lebih mencolok jika dikonfrontasikan
dengan sebaliknya.
Kata kunci : Pendidikan, Moral, Pau-pau |
id |
IOS3399.16993 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2020-02-29T13:59:21Z |
last_indexed |
2020-02-29T13:59:21Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483835824701440 |
score |
17.538404 |