MUSIK IRINGAN TARI KREASI PAKARENA MA’LINO KARYA BASRI B. SILA DI SANGGAR SENI BATARA GOWA

Main Author: FITRA, PADIL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/16976/1/ARTIKEL%20FADIL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/16976/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Padil Fitra, 2018.Musik Iringan Tari Kreasi Pakarena Ma’Lino Di Sanggar Seni Karya Basri B. Sila di Sanggar Seni Batara Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana bentuk ragam musik iringan tari kreasi pakarena ma’lino karya Basri B. Sila di Batara Gowa.2) Bagaimana struktur musik iringan tari kreasi pakarena ma’lino karya Basri B. Sila di Batara Gowa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu jenis penelitian yang bertujuan untuk mengangkat fakta, keadaan, dan fenomena-fenomena yang dialami Basri B. SilaMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara bebas dan terbuka. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang selaku narasumber serta perilaku yang diamati.Hasil dari penelitian ini adalah Pengolahan data menggunakan metode analisis kualitatif nn statistik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Bentuk penyajian musik iringan tari kreasi Pakarena Ma’lino yaitu meliputi penari perempuan yang berjumlah4 orang penari dengan bagian-bagian gerak yang meliputi 7 ragam gerak yang meliputiI. A’jappa biring kassi (jalan menyusuri pantai) II. An’dalekang (menjamu atau melayani para tamu) III. Bombang An ggalura IV. Anyungke (Membuka) V. Ma’lino (Membumi) VI. Anjaga Lino (Menjaga dunia) VII. Appala Kanga (Pamit). 2) StrukturMusik iringan tari kreasi pakarena ma’lino terdiri dari tunrung pakanjara, tumbu appa’, tunrung pappadang (tunrung appa’, tunrung tallu leko’ boddong, royong dan tumbu pangallakkang).