UPAYA PENINGKATAN MINAT SISWA LAKI-LAKI DALAM MATA PELAJARAN PRAKTIK SENI TARI DI SMK 2 BARRU

Main Author: ASRIANTI, ASRIANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/16934/1/burning.pdf
http://eprints.unm.ac.id/16934/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK ASRIANTI, 2018. Upaya peningkatan minat terhadap siswa laki-laki dalam matapelajaran praktik seni tari di SMK Negeri 2 Barru, Skripsi Jurusan Sendratasik Fakultas Seni dan Desain, Rumusan Malasah: 1. Bagaimana penerapan praktek tari dalam meningkatakan minat siswa laki-laki dalam mata pelajaran seni tari di SMK Negeri 2 Barru, 2. Bagaimana peningkatan minat siswa laki-laki dalam mata pelajaran praktek seni tari di SMK Negeri 2 Barru. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dan kuantitif. Penelitian ini bertujuan untuk upaya meningkatkan minat siswa laki-laki belajar tari melalui pemanfaatan media audio visual, dalam upaya peningkatan minat belajar difokuskan pada materi tari tradisi gandrang bulo berkaitan dengan pencapaian ketuntasan dan peningkatan hasil belajar. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2018 .Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Barru yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus atau 2 putaran, pada siklus I dilakukan dalam lima kali pertemuan dan siklus II dilakukan dalam tiga kali pertemuan, setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Data diperoleh melalui observasi atau pengamatan, dan wawancara, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran dan hasil penerapan metode pembelajaran dengan pemanfaatan media yang ada. Terjadi peningkatan hasil nilai dari rata-rata 60 terja di peningkatan pada siklus I menjadi rata-rata 75dan rata-rata 80 pada siklus II. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran tari melalui pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar siswa terbukti dengan adanya peningkatan nilai siswa yang telah mencapai batas KKM yaitu 75. vi