UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI MENGGUNAKAN METODE SIGHT READING PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAMASA

Main Author: Adrian, Alvin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/16909/1/Artikel.pdf
http://eprints.unm.ac.id/16909/
ctrlnum 16909
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/16909/</relation><title>UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI MENGGUNAKAN METODE SIGHT READING PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAMASA</title><creator>Adrian, Alvin</creator><subject>Pendidikan sendratasik</subject><description>Abstrak&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya meningkatan kemampuan bernyanyi menggunakan metode Sight Reading pada kelas VIII SMP Negeri 1 Mamasa. Permasalahan pada penelitian ini adalah belum maksimalnya pembelajaran bernyanyi yang diterapkan, hal ini dapat dilihat dari kurangnya jumlah siswa yang mampu mencapai nilai KKM yang telah ditentukan oleh kurikulum yaitu (&gt;75). Penelitian ini terfokus pada (1). Bagaimana penerapan metode Sight Reading dalam upaya meningkatkan kemampuan bernyanyi pada kelas VIII SMP Negeri 1 Mamasa (2). Bagaimana peningkatan kemampuan bernyanyi melalui metode Sight Reading pada kelas VIII SMP Negeri1 Mamasa.&#xD; Sight Reading pada penelitian ini terfokus pada bagaimana membaca sekaaligus menulis ritmis dan melodi, dimana ritmis dan melodi merupakan bagian penting dalam bernyanyi, Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan reflesi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi, dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam pembelajaran bernyanyi perlu menggunakan metode dalam penerapannya agar pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal..(2) Berdasarkan indikator keberhasilan penelitian yaitu 80 % siswa (&gt;75) maka kemampuan bernyanyi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mamasa dapat dikatakan meningkat setelah diterapakan metode Sight Reading hal ini dapat dilhat dari tabel peningkatan kemampuan bernyanyi. Dari 25 siswa pada pra siklus terdapat 8 (32%) siswa yang mendapat nilai (&gt;75) dan 17 (68%) siswa yang mendapat nilai (&lt;75). Setelah penerapan siklus 1 dan 2 dari 25 siswa terdapat 22 (88%) siswa yang mecapai nilai (&gt;75) dan 3 (12%) siswa yangmendapat nilai (&lt;75)&#xD; Kata kunci: Peningkatan kemampuan, bernyanyi, sight reading</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/16909/1/Artikel.pdf</identifier><identifier> Adrian, Alvin (2018) UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI MENGGUNAKAN METODE SIGHT READING PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAMASA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>16909</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Adrian, Alvin
title UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI MENGGUNAKAN METODE SIGHT READING PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAMASA
publishDate 2018
topic Pendidikan sendratasik
url http://eprints.unm.ac.id/16909/1/Artikel.pdf
http://eprints.unm.ac.id/16909/
contents Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya meningkatan kemampuan bernyanyi menggunakan metode Sight Reading pada kelas VIII SMP Negeri 1 Mamasa. Permasalahan pada penelitian ini adalah belum maksimalnya pembelajaran bernyanyi yang diterapkan, hal ini dapat dilihat dari kurangnya jumlah siswa yang mampu mencapai nilai KKM yang telah ditentukan oleh kurikulum yaitu (>75). Penelitian ini terfokus pada (1). Bagaimana penerapan metode Sight Reading dalam upaya meningkatkan kemampuan bernyanyi pada kelas VIII SMP Negeri 1 Mamasa (2). Bagaimana peningkatan kemampuan bernyanyi melalui metode Sight Reading pada kelas VIII SMP Negeri1 Mamasa. Sight Reading pada penelitian ini terfokus pada bagaimana membaca sekaaligus menulis ritmis dan melodi, dimana ritmis dan melodi merupakan bagian penting dalam bernyanyi, Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan reflesi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi, dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam pembelajaran bernyanyi perlu menggunakan metode dalam penerapannya agar pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal..(2) Berdasarkan indikator keberhasilan penelitian yaitu 80 % siswa (>75) maka kemampuan bernyanyi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mamasa dapat dikatakan meningkat setelah diterapakan metode Sight Reading hal ini dapat dilhat dari tabel peningkatan kemampuan bernyanyi. Dari 25 siswa pada pra siklus terdapat 8 (32%) siswa yang mendapat nilai (>75) dan 17 (68%) siswa yang mendapat nilai (<75). Setelah penerapan siklus 1 dan 2 dari 25 siswa terdapat 22 (88%) siswa yang mecapai nilai (>75) dan 3 (12%) siswa yangmendapat nilai (<75) Kata kunci: Peningkatan kemampuan, bernyanyi, sight reading
id IOS3399.16909
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2020-02-29T13:59:00Z
last_indexed 2020-02-29T13:59:00Z
recordtype dc
_version_ 1764483835343405056
score 17.538404