Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 37 Model Parepare
Main Authors: | Zainal, Zaid, Halik, Abdul, Madania, Madania |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/16874/1/jurnal%20JIKAP.pdf http://eprints.unm.ac.id/16874/2/peer%20reviewer%20JIKAP%20PGSD.pdf http://eprints.unm.ac.id/16874/ https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/10221 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini menelaah tentang uji coba model pembelajaran treffinger pada mata pelajaran matematika siswa SD Negeri 37 Model Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 37 Model Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain Quasy Experimental dalam bentuk The Nonequivalent Pre-test Post-test Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 67 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dalam bentuk pilihan ganda, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test diperoleh signifikansi 0,00 (0,00 < 0,05) dan hasil analisis dari uji t diperoleh nilai - thitung< - ttabel (-17,999 < -2,037) menunjukkan bahwa H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa SD Negeri 37 Model Parepare antara sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran treffinger. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran treffinger berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 37 Model Parepare. Kata kunci: Model pembelajaran Treffinger, hasil belajar matematika