PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MAJENE
Main Author: | Nurmaulidiyah, Mutia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/16857/1/Artikel_Mutia%20Nurmaulidiyah.pdf http://eprints.unm.ac.id/16857/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mutia Nurmaulidiyah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Majene. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Ambo Dalle dan Syarifah Fathimah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses, dan hasil model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI SMA Negeri 2 Majene. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Majene yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara dengan persentase nilai yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 60,88%, dan siklus II mencapai 75,64%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI SMA Negeri 2 Majene. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Talking Stick