PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 17 MAKASSAR

Main Author: Arafah, Kaharuddin
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/16569/1/PENGEMBANGAN%20PERANGKAT%20PENILAIAN%20HASIL%20BELAJAR%20FISIKA%20PESERTA%20DIDIK%20KELAS%20X%20SMAN%2017%20MAKASSAR.pdf
http://eprints.unm.ac.id/16569/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat penilaian hasil belajar fisika pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk peserta didik kelas X SMAN 17 Makassar. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 169 peserta didik kelas X. Perangkat penilaian hasil belajar yang dikembangkan meliputi: (1) skala penilaian diri aspek sikap spiritual; (2) daftar cek observasi sikap ilmiah; (3) skala penilaian teman sebaya aspek sikap menghargai; (4) tes tertulis; (5) skala penilaian penugasan disertai rubrik dan; (6) skala penilaian praktik disertai rubrik; (7) skala penilaian proyek disertai rubrik; dan (8) skala penilaian portofolio disertai rubrik. Validasi isi oleh pakar menunjukkan semuanya valid secara isi dimana 2 butir gugur pada daftar cek observasi sikap ilmiah dan 1 butir gugur pada tes tertulis. Validasi muka dan analisis butir secara kualitatif menunjukkan bahwa perangkat dapat digunakan sebagai perangkat penilaian hasil belajar fisika peserta didik kelas X. Validasi empiris untuk 3 instrumen menunjukkan 5 butir gugur pada skala penilaian diri aspek sikap spiritual, 3 butir pada skala penilaian teman sebaya aspek sikap menghargai, dan 6 butir pada tes tertulis. Setelah divalidasi kembali isinya berdasarkan kisi-kisi, semua instrumen valid dari segi isi dan dinyatakan reliabel setelah uji reliabilitas. Kata kunci : Pengembangan Perangkat Penilaian, Fisika, Instrumen, Rubrik