Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Yang Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat Untuk Menumbuhkembangkan Budaya Kesatria Dan Integritas Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Provinsi Sulawesi Selatan

Main Authors: Mulbar, Usman, Purnamawati, Purnamawati, Minggi, Ilham
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/16354/1/PENGEMBANGAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20MATEMATIKA.1%20benar.pdf
http://eprints.unm.ac.id/16354/2/Peer%20Review%20Laporan%20Penelitian%20-%20PMP.pdf
http://eprints.unm.ac.id/16354/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran matematika yang memanfatkan sistem sosial masyarakat untuk menumbuhkembangkan budaya kesatria dan integritas diri siswa Sekolah Menengah Pertama di Provinsi Sulawesi Selatan (Mode pembelajaran sismat) yang dapat mendukung pelaksanaan kurikulum tahun 2013 dalam penerapannya di Provinsi Sulawesi Selatan. Karena itu, jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Hasil yang diperoleh, yaitu: Pertama, proses pengujian awal (validasi) menunjukkan bahwa model pembelajaran sismat dinyatakan valid. Kedua, secara teoretis, berdasarkan hasil penilaian ahli model pembelajaran sismat dinyatakan layak diterapkan. Secara empiris, berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran sismat dinyatakan sudah memenuhi kriteria kepraktisan. Ketiga, berdasarkan hasil observasi model pembelajaran sismat memenuhi kriteria keefektifan (ketuntasan hasil belajar, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan respon siswa dalam pembelajaran).