PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BUNGA DENGAN PENSIL BAGI SISWA KELAS V SDN UNGGULAN MONGISIDI I MAKASSAR

Main Author: DUNI, UPIE RUKFIANTY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/16145/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/16145/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK UPIE RUKFIANTY DUNI, 2019. “Pembelajaran Menggambar Bunga dengan Pensil bagi Siswa Kelas V SDN Unggulan Mongisidi I Makassar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I: Drs. Yabu M, M.Sn dan Pembimbing II: Dr. Tangsi, M.Sn. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana strategi pembelajaran menggambar bunga dengan pensil bagi siswa kelas V SDN Unggulan Mongisidi I Makassar dan (2) Bagaimana hasil karya menggambar bunga dengan pensil bagi siswa kelas V SDN Unggulan Mongisidi I Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas V SDN Unggulan Mongisidi I Makassar yang berjumlah 50 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran atau langkah-langkah dalam pembelajaran menggambar bunga pada siswa kelas V SDN Unggulan Mongisidi I Makassar dimulai dari pembuatan pola dasar, membuat tangkai daun, kemudian membuat mahkota daun, serta proses akhir (finishing). (2) Hasil karya menggambar bunga dengan pensil bagi siswa kelas V SDN Unggulan Mongisidi I yang berhasil dikumpulkan sebanyak 30 karya masing-masing memperoleh nilai yang diambil dari kriteria penilaian gambar yaitu proporsi, komposisi, dan perspektif, maka nilai yang berhasil diperoleh oleh siswa kelas V SDN Unggulan Mongisidi I Makassar yaitu skor 50 sampai 60 sebanyak 20 siswa, dan skor 70 sampai 80 sebanyak 10 siswa. Dapat dikatakan bahwa hasil karya menggambar bunga siswa kelas V SDN Unggulan Mongisidi I Makassar tidak semuanya memenuhi kriteria penilaian gambar yang ditetapkan oleh guru kelas.