PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SELF EFFICACY KEMAMPUAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNM

Main Author: Hasyim, Nurhikmah
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNM , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/15837/1/JURNAL%20KURTEKPEND%202013.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15837/2/peer%20reviewer%20Kurtekpend.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15837/
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dan desainnya merupakan faktorial 2x2 versi nonequivalent control group design. Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh utama dan pengaruh interaksi variabel perlakuan terhadap hasil belajar mata kuliah Sosiologi Pendidikan pada mahasiswa S1 FIP UNM. Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 semester IV kurikulum dan Teknologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UNM yang berjumlah 80 orang (dua kelas). Data yang dikumpulkan diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan teknik anova dua jalur 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan hasil belajar mata kuliah Sosiologi Pendidikan antara kelompok mahasiswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis internet web centric course dan kelompok mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) ada perbedaan hasil belajar mata kuliah Sosiologi Pendidikan antara kelompok mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer tinggi dan kelompok mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer rendah, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy kemampuan komputer terhadap hasil belajar tujuan kognitif pada mata kuliah Sosiologi Pendidikan pada mahasiswa S1 FIP UNM. Statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer tinggi memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer rendah. Kata kunci : model pembelajaran, self-efficacy, kemampuan komputer, hasil belajar