Manajemen Berbasis Sekolah (Bahan Ajar Pelatihan bagi Kepala Sekolah)

Main Authors: Arismunandar, Arismunandar, Hasyim, Nurhikmah, Achmad, Widya Karmila Sari
Other Authors: UNM, Badan Penerbit
Format: Book PeerReviewed
Bahasa: eng
Terbitan: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/15834/1/BUKU%20MANAJEMEN%20BERBASIS%20SEKOLAH.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15834/2/peer%20reviewer%20buku%20manajemen%20berbasis%20sekolah.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15834/
ctrlnum 15834
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/15834/</relation><title>Manajemen Berbasis Sekolah (Bahan Ajar Pelatihan bagi Kepala Sekolah)</title><creator>Arismunandar, Arismunandar</creator><creator>Hasyim, Nurhikmah</creator><creator>Achmad, Widya Karmila Sari</creator><subject>ILMU PENDIDIKAN</subject><subject>KARYA ILMIAH DOSEN</subject><description>Kata Pengantar&#xD; Kritik terhadap praktek manajemen sekolah yang selama ini terkesan birokratis, tidak transparan, dan tidak akuntabel merupakan salah satu alasan penting sehingga Manajemen berbasis Sekolah dianggap sebagai solusi yang efektif. Sentralisasi pendidikan amat kental karena hampir semua kewenangan-kewenangan dalam pengelolaan sekolah dikendalikan dari pemerintah pusat, mulai dari kurikulum hingga pengangkatan guru. Kepala Sekolah tidak diberikan kebebasan dalam mengelola sekolahnya, sementara Kepala Sekolah bertanggung jawab terhadap keberhasilan sekolah yang dipimpinnya.&#xD; Di sisi lain, persekolahan di Indonesia menghadapi tantangan yang cukup berat. Adanya tuntutan dari masyarakat akan kualitas pendidikan adalah salah satu alasannya. Tingginya kompetisi internasional, semakin ketatnya seleksi penerimaan siswa/ mahasiswa, dan ujian nasional yang menentukan kelulusan siswa merupakan hal-hal yang menjadi dasar tuntutan akan kualitas persekolahan. Rendahnya kompetensi Kepala Sekolah juga berpengaruh terhadap kualitas pengelolaan sekolah. Hal ini disebabkan karena pemilihan Kepala Sekolah bukan berdasarkan pada kemampuan personal tetapi lebih kepada faktor kedekatan pada birokrasi setempat. Manajemen berbasis Sekolah diharapkan menjawab tuntutan kualitas persekolahan pada khususnya dan kualitas pendidikan di Indonesia pada umumnya.&#xD; Secara garis besar buku ini membahas tentang Manajemen berbasis Sekolah yang di dalamnya mengurai tentang membangun komitmen belajar, konsep dasar manajemen berbasis sekolah, otonomi sekolah, peran serta Kepala Sekolah dalam pelibatan masyarakat, peran Kepala Sekolah dalam transparansi dan akuntabilitas. Konsep-konsep ini diharapkan dapat membantu pendidik utamanya Kepala Sekolah dalam memahami Manajemen berbasis Sekolah dan meningkatkan kompetensinya dalam mengelola sekolah yang pada prinsipnya bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.</description><publisher>Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar</publisher><contributor>UNM, Badan Penerbit</contributor><date>2015</date><type>Book:Book</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/15834/1/BUKU%20MANAJEMEN%20BERBASIS%20SEKOLAH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/15834/2/peer%20reviewer%20buku%20manajemen%20berbasis%20sekolah.pdf</identifier><identifier> Arismunandar, Arismunandar and Hasyim, Nurhikmah and Achmad, Widya Karmila Sari (2015) Manajemen Berbasis Sekolah (Bahan Ajar Pelatihan bagi Kepala Sekolah). Cetakan 1, 1 (1). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, Makassar. ISBN 978-979-26-4898-0 </identifier><recordID>15834</recordID></dc>
language eng
format Book:Book
Book
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
author Arismunandar, Arismunandar
Hasyim, Nurhikmah
Achmad, Widya Karmila Sari
author2 UNM, Badan Penerbit
title Manajemen Berbasis Sekolah (Bahan Ajar Pelatihan bagi Kepala Sekolah)
publisher Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar
publishDate 2015
isbn 9789792648980
topic ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
url http://eprints.unm.ac.id/15834/1/BUKU%20MANAJEMEN%20BERBASIS%20SEKOLAH.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15834/2/peer%20reviewer%20buku%20manajemen%20berbasis%20sekolah.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15834/
contents Kata Pengantar Kritik terhadap praktek manajemen sekolah yang selama ini terkesan birokratis, tidak transparan, dan tidak akuntabel merupakan salah satu alasan penting sehingga Manajemen berbasis Sekolah dianggap sebagai solusi yang efektif. Sentralisasi pendidikan amat kental karena hampir semua kewenangan-kewenangan dalam pengelolaan sekolah dikendalikan dari pemerintah pusat, mulai dari kurikulum hingga pengangkatan guru. Kepala Sekolah tidak diberikan kebebasan dalam mengelola sekolahnya, sementara Kepala Sekolah bertanggung jawab terhadap keberhasilan sekolah yang dipimpinnya. Di sisi lain, persekolahan di Indonesia menghadapi tantangan yang cukup berat. Adanya tuntutan dari masyarakat akan kualitas pendidikan adalah salah satu alasannya. Tingginya kompetisi internasional, semakin ketatnya seleksi penerimaan siswa/ mahasiswa, dan ujian nasional yang menentukan kelulusan siswa merupakan hal-hal yang menjadi dasar tuntutan akan kualitas persekolahan. Rendahnya kompetensi Kepala Sekolah juga berpengaruh terhadap kualitas pengelolaan sekolah. Hal ini disebabkan karena pemilihan Kepala Sekolah bukan berdasarkan pada kemampuan personal tetapi lebih kepada faktor kedekatan pada birokrasi setempat. Manajemen berbasis Sekolah diharapkan menjawab tuntutan kualitas persekolahan pada khususnya dan kualitas pendidikan di Indonesia pada umumnya. Secara garis besar buku ini membahas tentang Manajemen berbasis Sekolah yang di dalamnya mengurai tentang membangun komitmen belajar, konsep dasar manajemen berbasis sekolah, otonomi sekolah, peran serta Kepala Sekolah dalam pelibatan masyarakat, peran Kepala Sekolah dalam transparansi dan akuntabilitas. Konsep-konsep ini diharapkan dapat membantu pendidik utamanya Kepala Sekolah dalam memahami Manajemen berbasis Sekolah dan meningkatkan kompetensinya dalam mengelola sekolah yang pada prinsipnya bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
id IOS3399.15834
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-12-13T08:53:27Z
last_indexed 2019-12-13T08:53:27Z
recordtype dc
_version_ 1764483832526929920
score 17.538404