Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Penjumlahan Pecahan Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 28 Kota Parepare
Main Authors: | Pasinggi, Yonathan Saba', Tuken, Ritha |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/15736/1/jurnal%20publikasi%20vol.%209%20no.1%2C%20feb%202019.pdf http://eprints.unm.ac.id/15736/2/peer%20reviewer%20publikasi%20pendidikan%20Vol.9%20no.%201%2C%20feb%202019.pdf http://eprints.unm.ac.id/15736/ http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pendekatan PMRI (Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia) pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman penjumlahan pecahan pada siswa kelas V SDN28 Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif, jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang berlokasi di SDN 28 Kota Parepare. Pemilihan lokasi ini berdasarkan pertimbangan peneliti melihat penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik di sekolah dasar belum diterapkan. Prosedur Penelitian PTK yaitu (1) Perrencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) observasi, (2) dokumentasi, (3) wawancara, (4) tes. Analisis data merupakan upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan penerapan pendekatan matematika realistik. Hasil penelitian pada tes awal menunjukan bahwa kemampuan mahasiswa memahami materi pelajaran masih dalam kategori kurang, setelah dilakukan pembelajaran menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan hasil evaluasi pada siklus I berada pada kualifikasi baik (B), penelitian dilanjutkan pada siklus ke II karena peneliti belum puas dengan hasil yang diperoleh pada siklus I, hasil evaluasi pada siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan hasilnya pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahawa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa di SDN 28 Kota Parepare. Kata kunci: pembelajaran matematika realistik