PENINGKATAIN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE EKSPERIMEN SISWA KELAS V SDN 3 AMPARITA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
Main Authors: | Djabba, Rasmi, Lambogo, Asraruddin |
---|---|
Format: | Research NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/15735/1/penelitian.pdf http://eprints.unm.ac.id/15735/2/peer%20reviewer%20penelitian%20mandiri.pdf http://eprints.unm.ac.id/15735/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Permasalahan pokok yang dikaji adalah (1) Bagaimana proses penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran sifat-sifat cahaya (2). Apakah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar dengan alasan rendahnya hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain deskriptif. Fokus penelitian ini adalah kemampuan siswa maupun guru melaksanakan setiap langkah-langkah metode eksperimen dengan baik dalam pembelajaran IPA dan peningkatan hasil belajar IPA setelah diterapkan metode eksperimen. Indikatornya mencakup : menyampaikan tujuan eksperimen, penyiapan alat dan bahan eksperimen serta penjelasan fungsi dan cara pengggnaannya, pelaksanaan eksperimen berdasarkan bimbingan guru, pencatatan hasil eksperimen kemudian dikumpulkan dan pembahasan bersaama.Sasaran dan sekaligus meniadi subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 30 orang yang terdiri dari l0 laki-laki 20 perempuan. Data diperoleh mela]ui teknik tes dan observasi. Data diolah dengan analisis persentase dan disajikan dalam bentuk matrik tabulasi. Hipotesis tindakan diuji dengan tes akhir. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I hanya 75% dengan kategori baik (B), kemudian terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 89,29% dengan kategori sangat baik (SB). Kesimpulan hasit penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Amparita setelah menerapkan metode eksperimen. Kata Kunci: Menggunakan Metode Experiment dalam Pengajaran IPA.