IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 6 SIDRAP

Main Authors: Permatasari, Indah, Ramly, Ramly, Azis, Azis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/15543/1/PDF%20ARTIKEL%20INDAH%20PERMATASARI%20%20%28IMPLEMENTASI%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%20PADA%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20INDONESIA%20DI%20KELAS%20X%20SMA%20NEGERI~1.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15543/
ctrlnum 15543
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/15543/</relation><title>IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 6 SIDRAP</title><creator>Permatasari, Indah</creator><creator>Ramly, Ramly</creator><creator>Azis, Azis</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>Abstrak. Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Negeri 6 Sidrap.&#x201D; Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar.&#x201D;&#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pada implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Negeri 6 Sidrap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskrptif dengan data berupa tahapan pembelajaran yang dilaksanakan oleh dua guru bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 6 Sidrap. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, analisis dokumen, observasi, dokumentasi (gambar dan video), wawancara, dan teknik rekam. Insrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kisi-kisi pedoman observasi, analisis dokumen silabus dan RPP, wawancara, dan dokomentasi (gambar dan video). Keseluruhan data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui beberapa tahap (1) reduksi data, (2) display data, (3) verifikasi data.&#xD; &#xD; Hasil pembahasan menunjukkan 1) perencanaan implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 6 Sidrap yang terdapat pada silabus dan RPP telah di implementasikan berdasarkan apa yang telah direncanakan oleh kedua guru bahasa Indonesia dan ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan dalam silabus dan RPP pada saat merencanakan pembelajaran. Nilai-nilai karakter tersebut ialah: relegius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. 2) pelaksanaan implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia telah di implementasikan berdasarkan kegiatan proses pembelajaran yang berlangsung dan ditemukan nilai-nilai karakter yaitu: kegiatan pendahuluan (nilai relegius, disiplin, toleransi, rasa ingin, tahu, tanggung jawab, bersahabat/komunikatif, dan cinta damai). Kegiatan inti: (gemar membaca, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, mandiri, kerja keras, kreatif, jujur, toleransi, disiplin, tanggung jawab, dan cinta damai. Kegiatan penutup: )relegius, mandiri, tanggung jawab, dan rasa ingin tahu); 3) Penilaian implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 6 Sidrap bahwasanya guru telah mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter dengan cara melakukan penilaian observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Guru mengobservasi siswa dengan melihat karakter-karakter yang dimiliki oleh siswa seperti disiplin, kerja sama, tanggung jawab, jujur, mandiri, rasa ingin tahu, kreatif, dan kerja keras dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran berlangsung untuk melakukan penilaian dan di akumulasikan di akhir semester. &#xD; &#xD; Kata kunci: implementasi,nilai-nilai pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Indonesia.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/15543/1/PDF%20ARTIKEL%20INDAH%20PERMATASARI%20%20%28IMPLEMENTASI%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%20PADA%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20INDONESIA%20DI%20KELAS%20X%20SMA%20NEGERI~1.pdf</identifier><identifier> Permatasari, Indah and Ramly, Ramly and Azis, Azis (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 6 SIDRAP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>15543</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Permatasari, Indah
Ramly, Ramly
Azis, Azis
title IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 6 SIDRAP
publishDate 2019
topic Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/15543/1/PDF%20ARTIKEL%20INDAH%20PERMATASARI%20%20%28IMPLEMENTASI%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%20PADA%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20INDONESIA%20DI%20KELAS%20X%20SMA%20NEGERI~1.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15543/
contents Abstrak. Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Negeri 6 Sidrap.” Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar.” Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pada implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Negeri 6 Sidrap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskrptif dengan data berupa tahapan pembelajaran yang dilaksanakan oleh dua guru bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 6 Sidrap. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, analisis dokumen, observasi, dokumentasi (gambar dan video), wawancara, dan teknik rekam. Insrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kisi-kisi pedoman observasi, analisis dokumen silabus dan RPP, wawancara, dan dokomentasi (gambar dan video). Keseluruhan data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui beberapa tahap (1) reduksi data, (2) display data, (3) verifikasi data. Hasil pembahasan menunjukkan 1) perencanaan implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 6 Sidrap yang terdapat pada silabus dan RPP telah di implementasikan berdasarkan apa yang telah direncanakan oleh kedua guru bahasa Indonesia dan ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan dalam silabus dan RPP pada saat merencanakan pembelajaran. Nilai-nilai karakter tersebut ialah: relegius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. 2) pelaksanaan implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia telah di implementasikan berdasarkan kegiatan proses pembelajaran yang berlangsung dan ditemukan nilai-nilai karakter yaitu: kegiatan pendahuluan (nilai relegius, disiplin, toleransi, rasa ingin, tahu, tanggung jawab, bersahabat/komunikatif, dan cinta damai). Kegiatan inti: (gemar membaca, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, mandiri, kerja keras, kreatif, jujur, toleransi, disiplin, tanggung jawab, dan cinta damai. Kegiatan penutup: )relegius, mandiri, tanggung jawab, dan rasa ingin tahu); 3) Penilaian implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 6 Sidrap bahwasanya guru telah mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter dengan cara melakukan penilaian observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Guru mengobservasi siswa dengan melihat karakter-karakter yang dimiliki oleh siswa seperti disiplin, kerja sama, tanggung jawab, jujur, mandiri, rasa ingin tahu, kreatif, dan kerja keras dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran berlangsung untuk melakukan penilaian dan di akumulasikan di akhir semester. Kata kunci: implementasi,nilai-nilai pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Indonesia.
id IOS3399.15543
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-11-23T02:19:09Z
last_indexed 2019-12-13T08:53:24Z
recordtype dc
_version_ 1764483832043536384
score 17.538404