PENGARUH TEKNIK PORPE (PREDICT, ORGANISE, REHEARSE, PRACTICE, EVALUATE) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMK NEGERI 10 MAKASSAR
Main Authors: | Sriyanti, Sriyanti, Hamsa, Akmal, Syamsudduha, Syamsudduha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/15525/1/ARTIKEL%20SRIYANTI%201551040008.pdf http://eprints.unm.ac.id/15525/ |
ctrlnum |
15525 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/15525/</relation><title>PENGARUH TEKNIK PORPE (PREDICT, ORGANISE, REHEARSE, PRACTICE,
EVALUATE) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X
SMK NEGERI 10 MAKASSAR</title><creator>Sriyanti, Sriyanti</creator><creator>Hamsa, Akmal</creator><creator>Syamsudduha, Syamsudduha</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>Sriyanti, 2019. “Pengaruh Teknik PORPE (Predict, Organise, Rehearse, Practice, Evaluate) Terhadap Hasil Belajar Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar”. Skripsi.
Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Akmal Hamsah dan Syamsudduha).
Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan hasil belajar teks biografi sebelum penerapan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, (2) mendeskripsikan
hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, dan (3) membuktikan pengaruh secara signifikan penerapan
teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi Kelas X SMK Negeri 10 Makassar. 
Penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain jenis one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar yang berjumlah 475 orang. Penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 46 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes bentuk pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar teks biografi sebelum menggunakan teknik PORPE
siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata 42,65; (2) hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata 70,46; (3) hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar teks biografi pada pretes dan postes. Dengan
demikian hipotesis diterima, yaitu ada pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar.
Kata Kunci: teknik PORPE, hasil belajar, teks biografiSriyanti, 2019. “Pengaruh Teknik PORPE (Predict, Organise, Rehearse, Practice, Evaluate) Terhadap Hasil Belajar Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar”. Skripsi.
Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Akmal Hamsah dan Syamsudduha).
Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan hasil belajar teks biografi sebelum penerapan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, (2) mendeskripsikan
hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X
SMK Negeri 10 Makassar, dan (3) membuktikan pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi Kelas X SMK Negeri 10 Makassar.
Penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain jenis one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar yang berjumlah 475 orang. Penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 46 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes bentuk pilihan ganda. Data yang
terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar teks biografi sebelum menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata
42,65; (2) hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X
SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata 70,46; (3) hasil uji
hipotesis diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar teks biografi pada pretes dan postes. Dengan demikian hipotesis diterima, yaitu ada pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE
terhadap hasil belajar teks biografi siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar.
Kata Kunci: teknik PORPE, hasil belajar, teks biografi</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/15525/1/ARTIKEL%20SRIYANTI%201551040008.pdf</identifier><identifier> Sriyanti, Sriyanti and Hamsa, Akmal and Syamsudduha, Syamsudduha (2019) PENGARUH TEKNIK PORPE (PREDICT, ORGANISE, REHEARSE, PRACTICE, EVALUATE) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMK NEGERI 10 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>15525</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sriyanti, Sriyanti Hamsa, Akmal Syamsudduha, Syamsudduha |
title |
PENGARUH TEKNIK PORPE (PREDICT, ORGANISE, REHEARSE, PRACTICE,
EVALUATE) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X
SMK NEGERI 10 MAKASSAR |
publishDate |
2019 |
isbn |
201551040008 |
topic |
Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia |
url |
http://eprints.unm.ac.id/15525/1/ARTIKEL%20SRIYANTI%201551040008.pdf http://eprints.unm.ac.id/15525/ |
contents |
Sriyanti, 2019. “Pengaruh Teknik PORPE (Predict, Organise, Rehearse, Practice, Evaluate) Terhadap Hasil Belajar Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar”. Skripsi.
Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Akmal Hamsah dan Syamsudduha).
Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan hasil belajar teks biografi sebelum penerapan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, (2) mendeskripsikan
hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, dan (3) membuktikan pengaruh secara signifikan penerapan
teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi Kelas X SMK Negeri 10 Makassar.
Penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain jenis one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar yang berjumlah 475 orang. Penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 46 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes bentuk pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar teks biografi sebelum menggunakan teknik PORPE
siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata 42,65; (2) hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata 70,46; (3) hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar teks biografi pada pretes dan postes. Dengan
demikian hipotesis diterima, yaitu ada pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar.
Kata Kunci: teknik PORPE, hasil belajar, teks biografiSriyanti, 2019. “Pengaruh Teknik PORPE (Predict, Organise, Rehearse, Practice, Evaluate) Terhadap Hasil Belajar Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar”. Skripsi.
Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Akmal Hamsah dan Syamsudduha).
Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan hasil belajar teks biografi sebelum penerapan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, (2) mendeskripsikan
hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X
SMK Negeri 10 Makassar, dan (3) membuktikan pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi Kelas X SMK Negeri 10 Makassar.
Penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain jenis one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar yang berjumlah 475 orang. Penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 46 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes bentuk pilihan ganda. Data yang
terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar teks biografi sebelum menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata
42,65; (2) hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X
SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata 70,46; (3) hasil uji
hipotesis diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar teks biografi pada pretes dan postes. Dengan demikian hipotesis diterima, yaitu ada pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE
terhadap hasil belajar teks biografi siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar.
Kata Kunci: teknik PORPE, hasil belajar, teks biografi |
id |
IOS3399.15525 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2019-11-23T02:19:09Z |
last_indexed |
2019-12-13T08:53:24Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483832035147776 |
score |
17.538404 |