PENGARUH TEKNIK PORPE (PREDICT, ORGANISE, REHEARSE, PRACTICE, EVALUATE) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMK NEGERI 10 MAKASSAR

Main Authors: Sriyanti, Sriyanti, Hamsa, Akmal, Syamsudduha, Syamsudduha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/15525/1/ARTIKEL%20SRIYANTI%201551040008.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15525/
ctrlnum 15525
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/15525/</relation><title>PENGARUH TEKNIK PORPE (PREDICT, ORGANISE, REHEARSE, PRACTICE,&#xD; EVALUATE) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X&#xD; SMK NEGERI 10 MAKASSAR</title><creator>Sriyanti, Sriyanti</creator><creator>Hamsa, Akmal</creator><creator>Syamsudduha, Syamsudduha</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>Sriyanti, 2019. &#x201C;Pengaruh Teknik PORPE (Predict, Organise, Rehearse, Practice, Evaluate) Terhadap Hasil Belajar Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar&#x201D;. Skripsi.&#xD; Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Akmal Hamsah dan Syamsudduha).&#xD; Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan hasil belajar teks biografi sebelum penerapan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, (2) mendeskripsikan&#xD; hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, dan (3) membuktikan pengaruh secara signifikan penerapan&#xD; teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi Kelas X SMK Negeri 10 Makassar. &#xD; Penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain jenis one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar yang berjumlah 475 orang. Penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 46 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes bentuk pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar teks biografi sebelum menggunakan teknik PORPE&#xD; siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata 42,65; (2) hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata 70,46; (3) hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 &lt; 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar teks biografi pada pretes dan postes. Dengan&#xD; demikian hipotesis diterima, yaitu ada pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar.&#xD; Kata Kunci: teknik PORPE, hasil belajar, teks biografiSriyanti, 2019. &#x201C;Pengaruh Teknik PORPE (Predict, Organise, Rehearse, Practice, Evaluate) Terhadap Hasil Belajar Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar&#x201D;. Skripsi.&#xD; Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Akmal Hamsah dan Syamsudduha).&#xD; Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan hasil belajar teks biografi sebelum penerapan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, (2) mendeskripsikan&#xD; hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X&#xD; SMK Negeri 10 Makassar, dan (3) membuktikan pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi Kelas X SMK Negeri 10 Makassar.&#xD; Penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain jenis one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar yang berjumlah 475 orang. Penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 46 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes bentuk pilihan ganda. Data yang&#xD; terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data&#xD; menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar teks biografi sebelum menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata&#xD; 42,65; (2) hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X&#xD; SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata 70,46; (3) hasil uji&#xD; hipotesis diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 &lt; 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar teks biografi pada pretes dan postes. Dengan demikian hipotesis diterima, yaitu ada pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE&#xD; terhadap hasil belajar teks biografi siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar.&#xD; Kata Kunci: teknik PORPE, hasil belajar, teks biografi</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/15525/1/ARTIKEL%20SRIYANTI%201551040008.pdf</identifier><identifier> Sriyanti, Sriyanti and Hamsa, Akmal and Syamsudduha, Syamsudduha (2019) PENGARUH TEKNIK PORPE (PREDICT, ORGANISE, REHEARSE, PRACTICE, EVALUATE) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMK NEGERI 10 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>15525</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sriyanti, Sriyanti
Hamsa, Akmal
Syamsudduha, Syamsudduha
title PENGARUH TEKNIK PORPE (PREDICT, ORGANISE, REHEARSE, PRACTICE, EVALUATE) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMK NEGERI 10 MAKASSAR
publishDate 2019
isbn 201551040008
topic Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/15525/1/ARTIKEL%20SRIYANTI%201551040008.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15525/
contents Sriyanti, 2019. “Pengaruh Teknik PORPE (Predict, Organise, Rehearse, Practice, Evaluate) Terhadap Hasil Belajar Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Akmal Hamsah dan Syamsudduha). Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan hasil belajar teks biografi sebelum penerapan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, (2) mendeskripsikan hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, dan (3) membuktikan pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi Kelas X SMK Negeri 10 Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain jenis one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar yang berjumlah 475 orang. Penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 46 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes bentuk pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar teks biografi sebelum menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata 42,65; (2) hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata 70,46; (3) hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar teks biografi pada pretes dan postes. Dengan demikian hipotesis diterima, yaitu ada pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar. Kata Kunci: teknik PORPE, hasil belajar, teks biografiSriyanti, 2019. “Pengaruh Teknik PORPE (Predict, Organise, Rehearse, Practice, Evaluate) Terhadap Hasil Belajar Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Akmal Hamsah dan Syamsudduha). Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan hasil belajar teks biografi sebelum penerapan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, (2) mendeskripsikan hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, dan (3) membuktikan pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi Kelas X SMK Negeri 10 Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain jenis one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar yang berjumlah 475 orang. Penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 46 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes bentuk pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar teks biografi sebelum menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata 42,65; (2) hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata 70,46; (3) hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar teks biografi pada pretes dan postes. Dengan demikian hipotesis diterima, yaitu ada pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar. Kata Kunci: teknik PORPE, hasil belajar, teks biografi
id IOS3399.15525
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-11-23T02:19:09Z
last_indexed 2019-12-13T08:53:24Z
recordtype dc
_version_ 1764483832035147776
score 17.538404