ANALISIS TUTURAN PENOLAKAN DALAM DISKUSI KELAS MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Main Author: Muzakkar, Muzakkar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/15276/1/ARTIKEL%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15276/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Muzakkar. 2019. “Analisis Tuturan Penolakan dalam Diskusi Kelas Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar”. (Dibimbing oleh Sultan dan Andi Agussalim). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tuturan penolakan yang digunakan oleh mahasiswa baik itu bentuk, strategi dan fungsi tuturan penolakan yang digunakan dalam diskusi kelas mahasiswa program studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap. Analisis data dengan melalui interpretasi. Hasil penelitian diskusi kelas mahasiswa program studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar menunjukkan bahwa bentuk tuturan penolakan terdiri atas tuturan deklaratif, tuturan interogatif dan tuturan imperatif. Selanjutnya strategi tuturan penolakan terdiri atas pernyataan penyesalan, harapan, pernyataan alternatif, penerimaan di masa depan atau masa lampau, usaha untuk menghalangi, penerimaan yang berfungsi sebagai penolakan dan penghindaran. Serta fungsi tuturan penolakan terdiri atas menyalahkan, mengkritik, mempertahankan argumen, mencari kebenaran, memperluas wawasan dan melatih berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian di atas mahasiswa dapat menggunakan tuturan penolakan sebagaimana fungsinya, dalam berdiskusi pemateri dan peserta diskusi sebaiknya menggunakan bentuk, strategi dan fungsi tuturan penolakan. Kata Kunci: Tuturan penolakan, Diskusi kelas.