PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BARRU

Main Author: Yanti, Ida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/15137/1/Jurnal%20Idayanti.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15137/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ida Yanti, 2019. Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Minat Belajar Bahasa Arab pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Barru. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muh. Bachtiar Syamsuddin dan Amri Rahman). Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA Negeri 5 Barru. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberian reward dan punishment sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 7 kelas sebanyak 230 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Cluster Random Sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini yakni 1 kelas yaitu kelas XI IIS 2 terdiri dari 34 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward dan punishment berpengaruh terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA Negeri 5 Barru. Hal ini berdasarkan dari uji hipotesis < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, sehingga ditetapkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA Negeri 5 Barru. Kata kunci : Reward, Punishment, Minat Belajar Bahasa Arab