PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS HIPERMEDIA TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA

Main Author: HERMAN, NURUL MUTHMAINNAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/15104/1/JOURNAL%20NURUL%20MUTHMAINNAH%20-%20%20171050801031.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15104/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK NURUL MUTHMAINNAH HERMAN 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Hipermedia terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA, (dibimbing oleh Bunga Dara Amin dan Khaeruddin). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis hipermedia terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas X IPA SMA yang valid dan efektif. Prosedur pengembangan mengikuti model 4D (S. Thiagarajan). Four-D Model meliputi tahap pendefinisian (Define), Perencanaaan (Design), Pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Sasaran ujicoba penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMAN 13 Gowa dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil pengembangan bahan ajar fisika terhadap keterampilan pemecahan masalah berada dalam kategori valid. Adapun aspeknya yakni Program Pembelajaran Hipermedia, Buku Panduan Penggunaan Hipermedia, Buku Materi, Lembar Kerja Peserta Didik. (2) respon peserta didik terhadap bahan ajar fisika berbasis hipermedia secara keseluruhan berada pada kategori positif ditinjau dari penilaian pada aspek visual dan daya tarik, aspek konten, dan aspek manfaat. (3) respon pendidik terhadap bahan ajar fisika berbasis hipermedia secara keseluruhan berada pada kategori sangat positif ditinjau dari penilaian pada aspek visual dan daya tarik, aspek konten, dan aspek manfaat, dan (4) pengembangan bahan ajar fisika berbasis hipermedia terhadap keterampilan pemecahan masalah memenuhi kriteria efektif. Hal ini berdasarkan persentase rata-rata skor tes keterampilan pemecahan masalah peserta didik sebesar 71,06% dan berada pada kategori baik. Kata kunci : Four-D Model, Pengembangan Bahan Ajar, Keterampilan Pemecahan Masalah