Pengembangan Model SAUD dalam Pembelajaran Schreibfertigkeit Mahasiswa Program Studi Bahasa Jerman di Indonesia Bagian TImur

Main Authors: Saud, Syukur, Muliati, Andi, Achmad, Abd. Kasim
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/15086/11/Lap.%20Penelitian%20Pengembangan%20Model%20SAUD%20dalam%20Pembelajaran%20Schreibfertigkeit%20Mahasiswa%20Prodi%20Bhs.%20Jerman.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15086/2/Peer%20Review%20Lap.%20Penelitian%20Pengembangan%20Model%20SAUD%20dalam%20Pembelajaran%20Schreibfertigkeit%20Mahasiswa.....pdf
http://eprints.unm.ac.id/15086/
Daftar Isi:
  • Ringkasan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model SAUD dalam pembelajaran Schreibfertigkeit mahasiswa Program Studi Bahasa Jerman di Indonesia Bagian Timur. Model SAUD adalah model pembelajaran yang terdiri atas komponen- komponen inti yaitu start, action, utilization dan destination. Model SAUD ini jika disesuaikan dalam proses pembelajaran, maka Start adalah dosen selaku pendidik dan persiapan pelaksanaan pembelajaran. Action lierupa pelaksanaan pembelajaran yang di dalammya mencakup aspek materi ajar dan cara dosen mengajarkan materi di kelas. Utilization adalah pelatihan kepada mahasiswa baik teori maupun praktik. Destination adalah mahasiswa sebagai sasaran didik dan capaian proses pembelajaran. Tujuan analisis ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berbahasa Jerman khususnya Schreibfertigkeit pada tingkat perguruan tinggi. Selain itu merancang perangkat pembelajaran Schreibfertigkeit dan mengadaptasikan dengan model SAUD yang akan digunakan oleh Dosen Bahasa Jerman di Perguruan Tinggi. Perangkat tersebut meliputi: (1) bahan ajar dan (2) perangkat model SAUD dalam pembelajaran kreatives Schreibfertigkeit mahasiswa program studi bahasa Jerman di Indonesia bagian timur.