ANALISIS DAMPAK KEHADIRAN MINIMARKET TERHADAP OMSET PEDAGANG WARUNG KELONTONG DI JALAN MANURUKI MAKASSAR

Main Author: Miranti, Miranti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/15040/1/SKRIPSI%20MIRANTI%20%281594041030%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/15040/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kehadiran minimarket terhadap omset pedagang warung kelontong di jalan Manuruki Makassar, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan omset penjualan warung kelontong akibat adanya minimarket dan strategi pedagang warung kelontong dalam menghadapi dampak keberadaan minimarket di jalan Manuruki Makassar. Penelitian ini tergolong kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah pedagang warung kelontong dan konsumen di jalan Manuruki Makassar. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari sumber pertama dengan cara wawancara langsung dengan para pedagang warung. Data sekunder merupakan sumber data yang dapat memberikan informasi atau data tambahan yang dapat memperkuat data pokok baik berupa konsumen atau benda seperti majalah, buku, koran dan lain-lain. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, wawancara langsung dengan pihak terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran minimarket memberi dampak negatif terhadap omset pedagang warung kelontong di jalan Manuruki Makassar. Pelayanan, lokasi yang dekat pemukiman, barang dagangan yang lebih lengkap serta perubahan gaya hidup membuat konsumen lebih tertarik berbelanja di minimarket dibanding di warung kelontong. Faktor modal yang kecil juga mengharuskan pedagang warung berjualan seadanya hal tersebut berpengaruh terhadap kelangsungan warung kelontong