Respon Guru dan Siswa SMA Terhadap Penggunaan Quipper School Dalam Blended Learning pada Pembelajaran Biologi
Main Authors: | Muis, Abd, Bahri, Arsad |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/14962/1/6.%20Artikel%20Respon%20quipper%20Des%20BTL%202018.%20%284%29%20pdf.pdf http://eprints.unm.ac.id/14962/2/Hasil%20Review%20Respon%20Guru%20dan%20Siswa_compressed.pdf http://eprints.unm.ac.id/14962/ http://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/8493 |
Daftar Isi:
- Abstrak. Efektivitas suatu inovasi pembelajaran tidak bisa mengabaikan aspek penting karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon guru dan siswa SMA terhadap pembelajaran blended learning (BL) menggunakan quipper school. Responden penelitian ini adalah 21 orang guru dan 81 orang siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pangkajene Sidrap, Kabupaten Sidrap. Gambaran tentang respons guru dan siswa terhadap penggunaan quipper school dalam blended learning pada pembelajaran biologi, digunakan angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan quipper shool dalam BL. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan quipper school dalam BL efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah menengah atas dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti karakteristik siswa, ketersediaan sarana dan prasarana pendukung, dan kemampuan guru menggunakan teknologi. Kata Kunci: blended learning, pembelajaran online, quipper school, respon guru, respon siswa.