PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 4 GOWA

Main Author: Purnamasari, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/14943/1/JURNAL%20INDAH.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14943/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran lingkungan belajar di SMAN 4 Gowa dan gambaran tingkat motivasi belajar sisiwa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi serta pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI di SMAN 4 Gowa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh kelas XI di SMAN 4 Gowa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar di SMAN 4 Gowa tergolong dalam kategori sedang. Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI tergolong sedang. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMAN 4 Gowa. Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar