PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM MATA KULIAH SISTEM INSTRUMENTASI DAN PENGUKURAN ALAT LISTRIK PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNM
Main Author: | Jumardin, Muhajir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/14916/1/Artikel.pdf http://eprints.unm.ac.id/14916/ |
ctrlnum |
14916 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/14916/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM MATA KULIAH SISTEM
INSTRUMENTASI DAN PENGUKURAN ALAT LISTRIK PADA 
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNM</title><creator>Jumardin, Muhajir</creator><subject>Pendidikan Teknik Elektronika</subject><description>ABSTRAK 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Mengembangkan modul
praktikum mata kuliah Sistem Instrumentasi dan Pengukuran Alat Listrik pada Jurusan
Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM. (2) Pengembangan modul praktikum mata
kuliah Sistem Instrumentasi dan Pengukuran Alat Listrik yang telah dirancang dapat
digunakan dengan praktis dan efektif di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM.
Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research
and Development / R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu
produk. Prosedur Pengembangan mengacu pada Model Pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek Penelitian adalah
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM, sedangkan Objek penelitian
adalah Modul Praktikum. Instrumen Penelitian menggunakan lembar penilaian menurut 2
Ahli Materi, 2 Ahli Desain, 2 Observer dan Respon Mahasiswa. Hasil uji coba pada
penelitian ini berupa analisis dari nilai rata-rata hasil validasi dua ahli materi dari
presentase aspek kelayakan isi adalah 90%, presentase kelayakan penyajian adalah 88%,
dan presentase aspek penilaian konseptual adalah 92% sehingga jumlah presentase aspek
secara keseluruhan dari hasil validasi adalah 90% dengan kategori “sangat valid”,
kemudian analisis nilai rata-rata dari hasil validasi dua ahli desain dari presentase aspek
kelayakan kegrafikan adalah 93%, dan presentase aspek kelayakan bahasa adalah 90%
sehingga jumlah presentase aspek secara keseluruhan dari hasil validasi adalah 91%
dengan kategori “sangat valid”, selanjutnya analisis dari nilai rata-rata hasil pengamatan
dua Observer, dari presentase aspek keterampilan dan kinerja mahasiswa adalah 96% dari
presentase aspek kerjasama antar mahasiswa adalah 75%, presentase aspek kemandirian
mahasiswa adalah 75%, presentase aspek tahap praktikum adalah 90%, dan presentase
indikator aktivitas adalah 88% sehingga jumlah presentase aspek secara keseluruhan dari
hasil pengamatan adalah 85% dengan kategori “sangat baik”, dan analisis hasil respon
mahasiswa jumlah presentase aspek secara keseluruhan dari hasil respon adalah 84%
dengan kategori “sangat prakris”. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan produk
berupa Modul Praktikum Mata Kuliah Sistem Instrumentasi dan Pengukuran Alat Listrik.
Sehingga simpulan dari penelitian ini adalah produk yang dibuat Modul Praktikum Mata
Kuliah Sistem Instrumentasi dan Pengukuran Alat Listrik dapat digunakan. 

Kata Kata Kunci: Modul Praktikum, Sistem Instrumentasi dan Alat Listrik</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/14916/1/Artikel.pdf</identifier><identifier> Jumardin, Muhajir (2019) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM MATA KULIAH SISTEM INSTRUMENTASI DAN PENGUKURAN ALAT LISTRIK PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNM. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>14916</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Jumardin, Muhajir |
title |
PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM MATA KULIAH SISTEM
INSTRUMENTASI DAN PENGUKURAN ALAT LISTRIK PADA
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNM |
publishDate |
2019 |
topic |
Pendidikan Teknik Elektronika |
url |
http://eprints.unm.ac.id/14916/1/Artikel.pdf http://eprints.unm.ac.id/14916/ |
contents |
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Mengembangkan modul
praktikum mata kuliah Sistem Instrumentasi dan Pengukuran Alat Listrik pada Jurusan
Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM. (2) Pengembangan modul praktikum mata
kuliah Sistem Instrumentasi dan Pengukuran Alat Listrik yang telah dirancang dapat
digunakan dengan praktis dan efektif di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM.
Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research
and Development / R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu
produk. Prosedur Pengembangan mengacu pada Model Pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek Penelitian adalah
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM, sedangkan Objek penelitian
adalah Modul Praktikum. Instrumen Penelitian menggunakan lembar penilaian menurut 2
Ahli Materi, 2 Ahli Desain, 2 Observer dan Respon Mahasiswa. Hasil uji coba pada
penelitian ini berupa analisis dari nilai rata-rata hasil validasi dua ahli materi dari
presentase aspek kelayakan isi adalah 90%, presentase kelayakan penyajian adalah 88%,
dan presentase aspek penilaian konseptual adalah 92% sehingga jumlah presentase aspek
secara keseluruhan dari hasil validasi adalah 90% dengan kategori “sangat valid”,
kemudian analisis nilai rata-rata dari hasil validasi dua ahli desain dari presentase aspek
kelayakan kegrafikan adalah 93%, dan presentase aspek kelayakan bahasa adalah 90%
sehingga jumlah presentase aspek secara keseluruhan dari hasil validasi adalah 91%
dengan kategori “sangat valid”, selanjutnya analisis dari nilai rata-rata hasil pengamatan
dua Observer, dari presentase aspek keterampilan dan kinerja mahasiswa adalah 96% dari
presentase aspek kerjasama antar mahasiswa adalah 75%, presentase aspek kemandirian
mahasiswa adalah 75%, presentase aspek tahap praktikum adalah 90%, dan presentase
indikator aktivitas adalah 88% sehingga jumlah presentase aspek secara keseluruhan dari
hasil pengamatan adalah 85% dengan kategori “sangat baik”, dan analisis hasil respon
mahasiswa jumlah presentase aspek secara keseluruhan dari hasil respon adalah 84%
dengan kategori “sangat prakris”. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan produk
berupa Modul Praktikum Mata Kuliah Sistem Instrumentasi dan Pengukuran Alat Listrik.
Sehingga simpulan dari penelitian ini adalah produk yang dibuat Modul Praktikum Mata
Kuliah Sistem Instrumentasi dan Pengukuran Alat Listrik dapat digunakan.
Kata Kata Kunci: Modul Praktikum, Sistem Instrumentasi dan Alat Listrik |
id |
IOS3399.14916 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2019-11-03T16:33:04Z |
last_indexed |
2019-11-03T16:33:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483830146662400 |
score |
17.538404 |