PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN KASTI PADA SISWA DI SMP NEGERI 27 MAKASSAR

Main Author: HASLINDAH, HASLINDAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/14830/1/jurnal.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14830/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan pembelajaran model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar permainan kasti pada siswa di SMP Negeri 27 Makassar. Jenis penelitian adalah penelitian penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research). Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SMP Negeri 27 Makassar dengan sampel sebanyak 30 orang. Pemilihan/penentuan sampel tersebut dilakukan dengan teknik sampling yaitu purpossive sampling. Berdasarkan hasil tes tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode jigsaw terhadap hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada materi permainan kasti siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Makassar meningkat, baik dari aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, maupun dari hasil tes belajar praktek siswa, dimana pada pra siklus, hasil belajar siswa berada dalam kategori cukup sedangkan pada siklus I hasil belajar siswa berada dalam kategori baik. Dengan demikian metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan kesehatan jasmani olahraga dan kesehatan pada permainan kasti siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Makassar. Kata kunci: Pembelajaran model jigsaw, hasil belajar, permainan kasti