Pembelajarean Menulis Deskripsi Bahasa Jerman Berbasis Model SMCR Berlo di SMA
Main Author: | Saud, Syukur |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Badan Penerbit UNM
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/14745/1/Pembelajaran%20Menulis%20Deskripsi%20bahasa%20jerman%20berbasis%20model%20komunikasi%20smcr%20berlo.pdf http://eprints.unm.ac.id/14745/6/Peer%20Review%20Artikel%20International%20Conference%20-%20Pembelajaran%20Menulis%20Deskripsi%20Bahasa...pdf http://eprints.unm.ac.id/14745/ |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa model pembelajaran menulis deskripsi bahasa jerman berbasis model komunikasi SMCR Berlo di SMA.Jenis peneklian ini adalah penelitian pengembangan.Subjekyang dilibatkan dalam penelitian ini adalah para ahli,guru, dan siswa XII SMA Negeri 4 Bantimurung Kabupaten Maros.Data penelitian dikumpulkan melalui lembar validassi.lembar keterlaksanaan perangkat (komponen sintaks ,intreraksi sosisal,dan prinsip reaksi),angket<dan tes. Data yang telah teerkumpul dianalisis secara deskriptif. KUalitas perangkat pembelajaran ditinjau dari tiga aspek,yaitu validitsas,kempraktisan, dan keefektivan.Pengembangan model pembelajaraN ini mengikuti prosedur mopdifikasi pengembangan perangkat pembelajaran 4-D Thiagarajan yang meliputi empat tahap,yaitu(!) tahap pendefinisian (define);(2) tahap perancangan(design);(3)tahap pengembangan (develop);dan($) tahap penyebaran (dessiminate). dalam penelitian ini taghapan yang dilakukan hanuya sampai menghasilkan produk final dan tidak dilakukan diseminasi secara luas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran menulis deskripsi bahasa Jerman berbasis model komunikasi SMCR verlo ini telah valid,praktis,dan efektif kata kunci: pembelajaran menulis deskripsi bahasa Jerman,model komunikasi SMCR Berlo