Keefektifan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Questions And Getting Answers Dalam Meningatkan Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Kelas XI IPA Sma Negeri 11 Makassar
Main Authors: | Muchtar, Mayawi, Saud, Syukur |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Department of Foreign Language Education, Faculty of Language and Literature Universitas Negeri Makassar
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/14737/1/KEEFEKTIFAN%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20AKTIF%20TIPE%20GIVING%20QUESTIONS%20AND%20GETTING%20ANSWERS.pdf http://eprints.unm.ac.id/14737/7/Peer%20Review%20Artikel%20Jurnal%20Nasional%20Tidak%20Terakreditasi%20-%20Keefektifan%20Strategi%20Pembelajaran%20Aktif....pdf http://eprints.unm.ac.id/14737/ https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/2993 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk memeroleh data keefektifan strategi pembelajaran aktif Tipe Giving Questions and Getting Answers dalam kemampuan membaca memahami bahasa Jerman kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperimen (non-equivalent design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar berjumlah 161 siswa dari enam kelas. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak (random sampling) yaitu siswa kelas XI IPA 4 yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 5 yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung 7,43 > ttabel 2,015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answers efektif dalam kemampuan membaca memahami bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Kata Kunci: Pembelajaran Aktif, Tipe Giving Questions and Getting Answers, Kemampuan Membaca dan Bahasa Jerman