Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar

Main Authors: Angreany, Femmy, Saud, Syukur
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Department of Foreign Language Education, Faculty of Language and Literature Universitas Negeri Makassar , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/14735/1/KEEFEKTIFAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20FLASHCARD%20DALAM%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20KARANGAN%20SEDERHANA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14735/7/Peer%20Review%20Artikel%20Jurnal%20Nasional%20Tidak%20Terakreditasi%20-%20Keefektifan%20Media%20Pembelajaran%20Flashcard%20dalam%20Keterampilan%20Menulis....pdf
http://eprints.unm.ac.id/14735/
https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/4410
https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4410
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk memeroleh data dan informasi tentang keefektifan media Flashcard dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman. Penelitian ini adalah penelitian Quasi-eksperimen. Pengumpulan data melalui tes keterampilan menulis karangan sederhana. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar yang terdiri dari 2 kelas yang hanya belajar bahasa Jerman yang berjumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Jumlah sampel 70 siswa, dan semua siswa tersebut dijadikan partisipan dimana dibagi menjadi 2 kelas yakni kelas kontrol dan eksperimen. Data dianalisis menggunakan analisis Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa th 6,17 > tt 1,998 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Flashcard efektif digunakan dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Mak