KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 Sriyani Ketong 1 MAKASSAR

Main Author: Burhanuddin, , Burhanuddin
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: |Eralingua: UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/14702/1/KEEFEKTIFAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20RECIPROCAL%20TEACHING%20DALAM%20KEMAMPUAN%20MEMBACA%20MEMAHAMI%20SISWA%20KELAS%20XI%20IPA%20SMA%20NEGERI%2011%20MAKASSAR.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14702/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai keefektifan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam kemampuan membaca memahami siswa. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimen (Two group pre-tes,post-tes). Populasi penelitian adalah 195 siswa dari enam kelas di kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak (Random Sampling). Data dianalasis dengan menggunakan analisis Uji- t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa t h 3,47 > t t 1,997 pada taraf alpha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching efektif dalam kemampuan membaca memahami bahasa Jerman siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Kemampuan Membaca, Bahasa Jerman.