KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DALAM KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MAKASSAR
Main Author: | Burhanuddin, Burhanuddin |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Eralingua : UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/14701/1/KEEFEKTIFAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20SCRAMBLE%20DALAM%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20KALIMAT%20BAHASA%20JERMAN%20SISWA%20KELAS%20XI%20SMA%20NEGERI%2011%20MAKASSAR.pdf http://eprints.unm.ac.id/14701/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam keterampilan menulis kalimat bahasa Jerman siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Jenis penelitian ini adalah True experimental design. Data dianalisis dengan statistik inferensial. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Hasil analisis data yang diperoleh melalui uji-t adalah t hitung (11,24) > t tabel (2,002) pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis kalimat bahasa Jerman siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Tipe Scramble, Keterampilan Menulis