KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DALAM KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Main Author: Burhanuddin, Burhanuddin
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Eralingua : UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/14701/1/KEEFEKTIFAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20SCRAMBLE%20DALAM%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20KALIMAT%20BAHASA%20JERMAN%20SISWA%20KELAS%20XI%20SMA%20NEGERI%2011%20MAKASSAR.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14701/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam keterampilan menulis kalimat bahasa Jerman siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Jenis penelitian ini adalah True experimental design. Data dianalisis dengan statistik inferensial. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Hasil analisis data yang diperoleh melalui uji-t adalah t hitung (11,24) > t tabel (2,002) pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis kalimat bahasa Jerman siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Tipe Scramble, Keterampilan Menulis