PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR

Main Author: Andjeriani, Andjeriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/14618/1/artikel.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14618/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan problematika siswa dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Arab siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar; (2) Upaya mengatasi problematika pembelajaran menyimak bahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi merupakan keseluruhan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar yang berjumlah 53 orang. Populasi selanjutnya adalah guru yang mengampu pembelajaran bahasa Arab. Instrumen penelitian ini berupa angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menemukan lima problematika yang dialami oleh siswa dan dua problematika yang dialami oleh guru. Kelima problematika yang dialami siswa dalam pembelajaran menyimak bahasa Arab adalah (1) Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan guru (2) Motivasi belajar siswa rendah (3) Kurangnya minat siswa pada pembelajaran menyimak bahasa arab (4) Kurangnya kompotensi guru menyampaikan materi (5) Kurangnya motivasi sekolah. Terdapat dua problematika yang dialami guru dalam pembelajaran bahasa Arab, antara lain: (1) Alokasi waktu yang kurang memadai (2) Siswa kurang memahami materi. Kata Kunci :Problematika, pembelajaran, Menyimak bahasa Arab