PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING UNTUK PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS XI

Main Author: Melyanti, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/14464/1/Skripsi%20Sri%20Melyanti%201594043030.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14464/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Buku Saku Berbasis Mind Mapping untuk siswa; mengetahui Kelayakan Buku Saku Berbasis Mind Mapping sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media; dan mengetahui penilaian siswa dengan adanya buku saku berbasis mind mapping sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). model pengembangan yang meliputi 5 tahap yaitu: analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada tahap Development, Buku Saku Berbasis Mind Mapping dinilai kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, dan 24 siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 11 Makassar. Pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 5,0 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, ahli media diperoleh skor rata-rata 4,07 yang termasuk dalam kategori Layak, penilaian siswa uji coba produk diperoleh skor rata-rata 4,33 dengan kategori Sangat Layak.