Efektivitas Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi di SMP

Main Author: djumingin, sulastriningsih
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, Badan Penerbit UNM , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/14411/1/FILE%20BIOGRAFI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14411/2/sertivikat.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14411/3/Biografi.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14411/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: (1) mengkaji perbedaan kemampuan menulis teks biografi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makassar, antara yang menggunakan model Mind Mapping dengan pembelajaran konvensional. (2) mendeskripsikanefektivitas penggunaan model Mind Mapping dalam pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makassar. Penelitian ini termasuk bagian dari metode penelitian quasi experimental atau eksperimen semu yang merupakanpengembangan dari metode true experimental.Penelitian eksperimental yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan tertentu terhadap subjek penelitian dengan menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design.Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model Mind Mapping dan pada kelompok kontrol diberikan perlakuan pembelajaran model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 150 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Kelas yang terpilih menjadi sampel yaitu kelas VII2 sebanyak 32 orang. Kelas VII4 dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan, yaitu tes dan observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis yaitu tes menulis teks biografi. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang diolah dengan menggunakan program SPSS 21 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan yang siginifikan antara kemampuan menulis teks biografi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makakssar yang menggunakan model Mind Mapping dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa thitung = 3.000 sedangkan ttabel = 2.020. Hal ini menunjukkan bahwa thitung¬> ttabel, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesisi alternatif (H1) diterima. (2) Penggunaan model Mind Mapping efektif pada pembelajaran menulis teks biografi.Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan menulis teks biografi siswa pada kelas eksperimen mencapai 90%, sedangkan persentase ketuntasan menulis teks cerpen siswa pada kelas kontrol hanya mencapai 70%. Kata Kunci:Efektivitas, model Mind Mapping, pembelajaran, Menulis dan teks biografi