PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT

Main Author: djumingin, sulastriningsih
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: APROBSI , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/14313/1/ANEKDOT.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14313/3/sertifikat.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14313/17/Anekdot.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14313/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian : (I) mendeskripsikan kemampuan menulis teks anekdot tanpa penerapan model discovery learning siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar, (2) mendeksipsikan kemampuan menulis teks anekdot dengan penerapan model discovery learning siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar, (3) menguji keefektifan penerapan model discovery learning dalam menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Makasar. Desain penelitian adalah eksperimen murni. Sampel penelitian untuk kelas kontrol yaitu 30 orang dan untuk kelas eksperimen yaitu 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes. Data dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial jenis uji t yang diolah menggunakan program SPSS 21 for windows. Hal menunjukkan bahwa: (1) kemampuan menulis teks anekdot tanpa penerapan model discovery learning siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar bahwa 10 orang (33%) peserta didik memperoleh nilai 2,66 ke atas dengan nilai rata-rata peserta didik 2,50 dengan predikat C+, (2) Kemampuan menulis teks anekdot dengan penerapan discovery learning siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar dinyatakan bahwa 27 (90%) peserta didik memperoleh nilai 2,66 ke atas dengan nilai rata-rata peserta didik 3,15 dengan predikat B+, (3) model discovery learning efektif diterapkan dalam menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Makasar. Perbadingan hasil kemampuan kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (3,681 > 1,677). Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima. Kata kunci: Keefektifan, discovery learning, teks anekdot