KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA
Main Author: | Rahayu, Rahayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/14253/1/ARTIKEL%20ILMIAH.pdf http://eprints.unm.ac.id/14253/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa berdasarkan aspek isi; (3) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa berdasarkan aspek tujuan; (4) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa berdasaskan aspek langkahlangkah; (5) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur berdasarkan aspek kaidah (ciri kebahasaan); dan (6) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur berdasarkan aspek kaidah (mekanik). Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang menghasilkan bentuk angka-angka untuk mengukur kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri atas 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 245 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak dan terpilih kelas VII I dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa memeroleh nilai rata-rata 77.51 dengan persentase 72.41 % yaitu mampu menulis teks prosedur. Berdasarkan aspek isi, nilai rata-rata siswa sampel berada pada kategori mampu dengan nilai rata-rata 80.51. Berdasarkan aspek tujuan, nilai rata-rata siswa sampel berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 71.63. Berdasarkan aspek langkahlangkah, nilai rata-rata siswa sampel berada pada kategori mampu dengan nilai rata-rata 86.72. Berdasarkan aspek kaidah (ciri kebahasaan), nilai rata-rata siswa sampel berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 76.20. Berdasarkan aspek mekanik (ejaan) nilai rata-rata siswa sampel berada pada kategori kurang dengan nilai 64.48. Kata Kunci: Kemampuan, menulis, teks prosedur