PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA, MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK,TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DI SDN GADDONG II KOTA MAKASSAR

Main Author: SULAIMAN, HUDAYAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/14083/1/artikel%20aya.pdf
http://eprints.unm.ac.id/14083/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar IPS peserta didik di SD Negeri Gaddong II Kota Makassar; (2) untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar IPS peserta didik di SD Negeri Gaddong II Kota Makassar dan (3) untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS peserta didik di SD Negeri Gaddong II Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas III, IV dan V SD Negeri Gaddong II Kota Makassar yang berjumlah 98 peserta didik dan 98 orangtua peserta didik. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan teknik probality atau penentuan yang mana setiap bagian ditarik sampel sebagian peserta didik yang nilai prestasinya dalam kategori rendah dan kategori tinggi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh yang positif antara perhatian orangtua dengan prestasi belajar IPS peserta didik kelas III, IV dan V SD Negeri Gaddong II Kota Makassar. Kedua, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara minat belajar dengan prestasi belajar IPS peserta didik kelas III, IV dan V SD Negeri Gaddong II Kota Makassar. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif secara bersama-sama antara perhatian orangtua dan minat belajar dengan prestasi belajar IPS peserta di kelas III, IV, dan V SD Negeri Gaddong II Kota Makassar. Kata kunci: Perhatian orangtua, minat belajar dan prestasi belajar IPS