PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Studi Kasus Di Tiga Smp Negeri Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli)

Main Author: ATHAR, MOH.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13988/1/Artikel%20athar.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13988/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana kompetensi profesional dan pedagogik guru IPS dalam pembelajaran IPS di Tiga SMP Negeri Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli? (ii) Bagaimana proses pembelajaran IPS di Tiga SMP Negeri Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli? (iii) Apa yang menjadi faktor determinan pelaksanaan pembelajaran IPS di Tiga SMP Negeri Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli? Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS dan seluruh siswa SMP Negeri 1 Ogodeidei, SMP Negeri 6 Ogodeide dan SMP Negeri 9 Ogodeide. teknik pengambilan sampel yaitu Claster Stratifed Random Sampling dengan guru IPS dari tiga sekolah dan sebagian siswa dari ketiga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Pemahaman guru-guru IPS pada SMP Negeri di Kecamatan Ogodeide mengenai pembelajaran IPS sudah baik. Walaupun pembelajaran IPS hanya diartikan sebagai penggabungan dari disiplin-disiplin ilmu sosial yang kemudian dipadukan menjadi satu supaya mudah untuk dipelajari, namun dalam pelaksanaannya guru sudah menjalankan konsep pembelajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individual maupun kelompok, aktif mencari, menggali dan menemukan konsep dalam kegiatan pembelajaran melalui penggunaan metode pembelajaran yang bervariatif.. Kedua, Pembelajaran IPS pada SMP Negeri di Kecamatan Ogodeide sudah berjalan dengan baik. Pengembangan program yang disusun oleh guru IPS SMP Negeri di Kecamatan Ogodeide telah sesuai dengan acuan dalam KTSP. Ketiga, Faktor determinan pelaksanaan pembelajaran IPS karena IPS bukan Mata Pelajaran yang di ujiankan serta jarak sekolah yang sebagian siswa sangat jauh. Kata Kunci: Pembelajaran IPS, KTSP