Upaya Meningkatkan Kemampuan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Gaya Mengajar Divergent Di SMP Negeri 1 Balusu
Main Author: | AFDAL, MUHAMMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/13979/1/Skripsi%20Afdal.pdf http://eprints.unm.ac.id/13979/ |
ctrlnum |
13979 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13979/</relation><title>Upaya Meningkatkan Kemampuan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Gaya Mengajar Divergent Di SMP Negeri 1 Balusu</title><creator>AFDAL, MUHAMMAD</creator><subject>ILmu Keolahragaan</subject><description>ABSTRAK Muhammad Afdal. 2019. Upaya meningkatkan kemampuan dribbling dalam permainan sepakbola menggunakan gaya mengajar divergent di SMP Negeri 1 Balusu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar, di bimbing oleh Hj. Hasmyati, (selaku Pembimbing I) dan Juhanis (selaku Pembimbing II). Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dribbling di SMP Negeri 1 Balusu dan mengetahui apakah gaya mengajar divergent dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar dribbling siswa SMP Negeri 1 Balusu pada permainan sepakbola. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 dengan jumlah siswa 24 orang (Total Sampling). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan Pre Test, Tes Siklus I, Tes Siklus II. Dari hasil penelitian menunjukkan : Penerapan Model Pembelajaran Gaya Divergent mampu meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Balusu. Peningkatan hasil belajar siswa tesebut dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang dicapai melalui pemberian tes seperti Pre Test, Siklus I, dan Siklus II. Dalam proses pembelajaran pada Pre Test dengan jumlah siswa keseluruhan 24, yang tuntas sebanyak 3 orang atau 20 %. Dalam proses pembelajaran pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang atau 40%. Dalam proses pembelajaran pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 atau 91,66%. Dengan Metode Gaya Divergent dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran teknik dribbling pada siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Balusu, Tahun Ajaran 2018/2019. 
Kata kunci : Divergent, Dribbling, Sepakbola.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13979/1/Skripsi%20Afdal.pdf</identifier><identifier> AFDAL, MUHAMMAD (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Gaya Mengajar Divergent Di SMP Negeri 1 Balusu. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13979</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
AFDAL, MUHAMMAD |
title |
Upaya Meningkatkan Kemampuan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Gaya Mengajar Divergent Di SMP Negeri 1 Balusu |
publishDate |
2019 |
topic |
ILmu Keolahragaan |
url |
http://eprints.unm.ac.id/13979/1/Skripsi%20Afdal.pdf http://eprints.unm.ac.id/13979/ |
contents |
ABSTRAK Muhammad Afdal. 2019. Upaya meningkatkan kemampuan dribbling dalam permainan sepakbola menggunakan gaya mengajar divergent di SMP Negeri 1 Balusu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar, di bimbing oleh Hj. Hasmyati, (selaku Pembimbing I) dan Juhanis (selaku Pembimbing II). Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dribbling di SMP Negeri 1 Balusu dan mengetahui apakah gaya mengajar divergent dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar dribbling siswa SMP Negeri 1 Balusu pada permainan sepakbola. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 dengan jumlah siswa 24 orang (Total Sampling). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan Pre Test, Tes Siklus I, Tes Siklus II. Dari hasil penelitian menunjukkan : Penerapan Model Pembelajaran Gaya Divergent mampu meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Balusu. Peningkatan hasil belajar siswa tesebut dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang dicapai melalui pemberian tes seperti Pre Test, Siklus I, dan Siklus II. Dalam proses pembelajaran pada Pre Test dengan jumlah siswa keseluruhan 24, yang tuntas sebanyak 3 orang atau 20 %. Dalam proses pembelajaran pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang atau 40%. Dalam proses pembelajaran pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 atau 91,66%. Dengan Metode Gaya Divergent dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran teknik dribbling pada siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Balusu, Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata kunci : Divergent, Dribbling, Sepakbola. |
id |
IOS3399.13979 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2019-07-21T21:59:51Z |
last_indexed |
2019-07-21T21:59:51Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483826864619520 |
score |
17.538404 |