PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SAINS 5 MAN PINRANG PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID

Main Author: Sade, Syamsinar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13908/1/artikel.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13908/
ctrlnum 13908
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13908/</relation><title>PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SAINS 5 MAN PINRANG PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID</title><creator>Sade, Syamsinar</creator><subject>PENDIDIKAN KIMIA - (S2)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kimia model kooperatif tipe STAD berbantuan quipper school yang valid, praktis dan efektif yang merupakan instrument dari 4D. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4D dari Thiagarajan yang telah melalui 3 tahap yaitu define, design, dan develop. Uji coba perangkat pembelajaran kimia ini dilaksanakan di MAN Pinrang kelas XI Sains 5 dengan jumlah peserta didik 37 orang pada tahun pelajaran 2016-2017. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang terdiri dari tiga instrumen yaitu instrumen kevalidan terdiri dari RPP, LKPD, BPD dan THB; kepraktisan terdiri dari keterlaksanaan perangkat pembelajaran, kemampuan pendidik mengelolah pembelajaran, dan angket respon pendidik; keefektifan terdiri dari hasil belajar peserta didik, respon peserta didik, sikap dan keterampilan peserta didik.. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kimia model kooperatif tipe STAD berbantuan quipper school yang telah melalui tahapan pengembangan model 4D Thiagarajan (define, design, develop) setelah dianalisis maka diketahui bahwa perangkat pembelajaran tersebut valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kimia yang berupa RPP, LKPD, BPD, dan THB dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan quipper school dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. &#xD; &#xD; Kata kunci: Quipper School, STAD, Hasil Belajar</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13908/1/artikel.pdf</identifier><identifier> Sade, Syamsinar (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SAINS 5 MAN PINRANG PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13908</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sade, Syamsinar
title PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SAINS 5 MAN PINRANG PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID
publishDate 2019
topic PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/13908/1/artikel.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13908/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kimia model kooperatif tipe STAD berbantuan quipper school yang valid, praktis dan efektif yang merupakan instrument dari 4D. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4D dari Thiagarajan yang telah melalui 3 tahap yaitu define, design, dan develop. Uji coba perangkat pembelajaran kimia ini dilaksanakan di MAN Pinrang kelas XI Sains 5 dengan jumlah peserta didik 37 orang pada tahun pelajaran 2016-2017. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang terdiri dari tiga instrumen yaitu instrumen kevalidan terdiri dari RPP, LKPD, BPD dan THB; kepraktisan terdiri dari keterlaksanaan perangkat pembelajaran, kemampuan pendidik mengelolah pembelajaran, dan angket respon pendidik; keefektifan terdiri dari hasil belajar peserta didik, respon peserta didik, sikap dan keterampilan peserta didik.. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kimia model kooperatif tipe STAD berbantuan quipper school yang telah melalui tahapan pengembangan model 4D Thiagarajan (define, design, develop) setelah dianalisis maka diketahui bahwa perangkat pembelajaran tersebut valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kimia yang berupa RPP, LKPD, BPD, dan THB dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan quipper school dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Quipper School, STAD, Hasil Belajar
id IOS3399.13908
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-07-03T11:51:39Z
last_indexed 2019-07-21T21:59:50Z
recordtype dc
_version_ 1764483826702090240
score 17.538404