PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SAINS 5 MAN PINRANG PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID
Main Author: | Sade, Syamsinar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/13908/1/artikel.pdf http://eprints.unm.ac.id/13908/ |
ctrlnum |
13908 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13908/</relation><title>PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SAINS 5 MAN PINRANG PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID</title><creator>Sade, Syamsinar</creator><subject>PENDIDIKAN KIMIA - (S2)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kimia model kooperatif tipe STAD berbantuan quipper school yang valid, praktis dan efektif yang merupakan instrument dari 4D. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4D dari Thiagarajan yang telah melalui 3 tahap yaitu define, design, dan develop. Uji coba perangkat pembelajaran kimia ini dilaksanakan di MAN Pinrang kelas XI Sains 5 dengan jumlah peserta didik 37 orang pada tahun pelajaran 2016-2017. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang terdiri dari tiga instrumen yaitu instrumen kevalidan terdiri dari RPP, LKPD, BPD dan THB; kepraktisan terdiri dari keterlaksanaan perangkat pembelajaran, kemampuan pendidik mengelolah pembelajaran, dan angket respon pendidik; keefektifan terdiri dari hasil belajar peserta didik, respon peserta didik, sikap dan keterampilan peserta didik.. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kimia model kooperatif tipe STAD berbantuan quipper school yang telah melalui tahapan pengembangan model 4D Thiagarajan (define, design, develop) setelah dianalisis maka diketahui bahwa perangkat pembelajaran tersebut valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kimia yang berupa RPP, LKPD, BPD, dan THB dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan quipper school dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. 

Kata kunci: Quipper School, STAD, Hasil Belajar</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13908/1/artikel.pdf</identifier><identifier> Sade, Syamsinar (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SAINS 5 MAN PINRANG PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13908</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sade, Syamsinar |
title |
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SAINS 5 MAN PINRANG PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID |
publishDate |
2019 |
topic |
PENDIDIKAN KIMIA - (S2) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/13908/1/artikel.pdf http://eprints.unm.ac.id/13908/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kimia model kooperatif tipe STAD berbantuan quipper school yang valid, praktis dan efektif yang merupakan instrument dari 4D. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4D dari Thiagarajan yang telah melalui 3 tahap yaitu define, design, dan develop. Uji coba perangkat pembelajaran kimia ini dilaksanakan di MAN Pinrang kelas XI Sains 5 dengan jumlah peserta didik 37 orang pada tahun pelajaran 2016-2017. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang terdiri dari tiga instrumen yaitu instrumen kevalidan terdiri dari RPP, LKPD, BPD dan THB; kepraktisan terdiri dari keterlaksanaan perangkat pembelajaran, kemampuan pendidik mengelolah pembelajaran, dan angket respon pendidik; keefektifan terdiri dari hasil belajar peserta didik, respon peserta didik, sikap dan keterampilan peserta didik.. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kimia model kooperatif tipe STAD berbantuan quipper school yang telah melalui tahapan pengembangan model 4D Thiagarajan (define, design, develop) setelah dianalisis maka diketahui bahwa perangkat pembelajaran tersebut valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kimia yang berupa RPP, LKPD, BPD, dan THB dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan quipper school dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Quipper School, STAD, Hasil Belajar |
id |
IOS3399.13908 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2019-07-03T11:51:39Z |
last_indexed |
2019-07-21T21:59:50Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483826702090240 |
score |
17.538404 |