Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning pada Praktikum Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

Main Author: Sriwianti, Niluh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13835/1/Niluh.docx
http://eprints.unm.ac.id/13835/
Daftar Isi:
  • Niluh Sriwianti, 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning pada Praktikum Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Jasri Djangi dan Suriati Eka Putri). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research dan Development) yang bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik yang valid, efektif dan praktis digunakan pada praktikum larutan elektrolit dan nonelektrolit. Pengembangan LKPD ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Makassar. Pengembangan LKPD ini menggunakan model pengembangan Plomp yang mempunyai 5 fase pengembangan yaitu tahap pengkajian awal, perancangan, realisasi/konstruksi, tes, evaluasi dan revisi serta implementasi. Berdasarkan hasil validasi yang diberikan kepada dua ahli memperoleh skor 3,37 yang termasuk kategori valid. Keefektifan hasil belajar dianalisis dengan tes hasil belajar dan observasi aktivitas peserta didik. Hasil belajar peserta didik memperoleh skor 78,67% yang termasuk kategori baik. Hasil observasi peserta didik memperoleh skor 82,81% yang termasuk kategori baik. Kepraktisan diukur dengan respon peserta didik yang terdiri atas 25 peserta didik yang memperoleh skor 92,72% yang termasuk kategori sangat praktis.