Penggunaan Strategi Pembelajaran Fisika Berorientasi Aktivitas Siswa Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Muhammadyah 1 Unismuh Makassar

Main Authors: Asraeni, Asraeni, Haris, Abdul, Helmi, Helmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13833/1/48.%20Skripsi%20Asraeni.docx
http://eprints.unm.ac.id/13833/
Daftar Isi:
  • Asraeni, 2018 Penggunaan strategi pembelajaran fisika berorientasi aktivitas siswa pada peserta didik kelas XI MIPA SMA Muhammadyah 1 Unismuh Makassar. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Abdul Haris dan Helmi) Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aktivitas belajar peserta didik SMA Muhammadyah 1 Unismuh Makassar. Subjek penelitian ini adalah empat orang peserta didik kelas XI MIPA SMA Muhammadyah 1 Unismuh Makassar dan dipilih berdasarkan hasil observasi dan wawancra dengan guru fisika. Pada penelitian ini terdapat enam indikator aktivitas belajar siswa yang menjadi dasar peneliti untuk mengetahui kemampuan olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga setiap responden. Keenam indikator tersebut adalah kegiatan visual, kegiatan lisan, kegiatan mendengar, kegiatan menulis, kegiatan motorik dan kegiatan emosional. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan olah hati, olah rasa olah pikir dan olah raga setiap responden berbeda-beda. Responden a berada pada kategori sangat baik dengan memperoleh hasil tes sebesar 79.95, responden b pada kemampuan olah rasa sangat baik sedangkan pada kemampuan olah hati, olah pikir dan olah raga cukup baik serta nilai tes sebesar 73,68. Responden c berada pada kategori sangat baik dengan hasil tes sebesar 73.68 dan responden d berada pada kategori kurang baik dengan hasil tes sebesar 68.42.