PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK (VAK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KKPI DI SMK NEGERI 1 LIMBUNG
Main Author: | SUNARTI, SRI AYU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/13821/1/35%20-%20SRI%20AYU%20SUNARTI_2016.doc http://eprints.unm.ac.id/13821/ |
Daftar Isi:
- Sri Ayu Sunarti. 2012. “Penerapan Model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran KKPI Di SMK Negeri 1 Limbung”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing, Yunus Tjandi dan Muh. Yusuf Mappeasse. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) pada mata pelajaran Keterampilan Komputer Pengolah Informasi (KKPI). Sumber data penelitian ini adalah Guru mata pelajaran KKPI siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Limbung dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan alur yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan proses penerapan pada Siklus I belum maksimal baik pada penerapan model pembelajaran maupun pada hasil belajar siswa, oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke Siklus II. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari nilai rata-rata pada Siklus I adalah 72 sedangkan Siklus II meningkat menjadi 90 dengan indikator ketuntasan 97%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) pada mata pelajaran KKPI dapat meningkatkan hasil belajar siswa.