Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Komputer Terapan Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Melalui Metode Pembelajaran Simulasi Di SMK Negeri 1 Sinjai
Main Author: | Saputra, Irzan Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/13723/1/IRZAN%20EKA%20SAPUTRA_.docx http://eprints.unm.ac.id/13723/ |
Daftar Isi:
- Irzan Eka Saputra, 1329041057, 2018. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Komputer Terapan Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Melalui Metode Pembelajaran Simulasi Di SMK Negeri 1 Sinjai. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: H. Aminuddin Bakry dan Sugeng A. Karim Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer terapan di SMK Negeri 1 Sinjai. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Sinjai Kelas II TKJ-1 dengan jumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri ataas tiga kali pertemuan dengan menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest pada awal siklus dan posttest pada akhir siklus serta observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada awal siklus sebesar 59,85% dan siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dengan persentase 22,22%. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 72,44% dan siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa dengan persentase 59,26%. Nilai rata-rata pada siklus II sebesar 87,40% dan siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa dengan persentase 96,30%.