Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 5 Bangkala dengan Menggunakan Metode Unplugged Pada Aspek Kognitif Dalam Pelajaran TIK

Main Author: Said, Hesti Lestari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13722/1/HESTI%20LESTARI%20SAID_.docx
http://eprints.unm.ac.id/13722/
Daftar Isi:
  • Hesti Lestari Said, 1329040058. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 5 Bangkala dengan Menggunakan Metode Unplugged Pada Aspek Kognitif Dalam Pelajaran TIK. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2018, Pembimbing: Al Imran dan Alimuddin Sa’ban Miru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan metode pembelajararan unplugged dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif mata pelajaran TIK di SMPN 5 Bangkala. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bangkala dengan jumlah siswa 25 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran unplugged untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data dengan cara mencari rata-rata dan persentase sesuai dengan kategorinya. Hasil penelitian ini jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 60% atau 15 orang siswa yang tuntas pada siklus I dengan rata-rata nilai keselurah siswa 73,6 Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan siswa menjadi 20 orang siswa atau dengan persentase 80% dengan rata-rata nilai keseluruhan siswa 79,2. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran unpluuged dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif mata pelajaran TIK di SMP Negeri 5 Bangkala.