PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MURID SD NEGERI 83 CENRANA KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE

Main Author: NENG, MUH.NENG
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13707/1/6.%20JURNAL%20MUH.%20NENG.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13707/
ctrlnum 13707
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13707/</relation><title>PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MURID SD NEGERI 83 CENRANA KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE</title><creator>NENG, MUH.NENG</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)</subject><description>Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan berkomunikasi murid SD Negeri&#xD; 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i)&#xD; Bagaimanakah gambaran pelaksanaan pembelajaran tipe Talking Stick pada murid SD Negeri 83&#xD; Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? (ii) Bagaimana gambaran kemampuan&#xD; berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana&#xD; Kabupaten Bone? dan (iii) Apakah pelaksanaan pembelajaran tipe Talking Stick berpengaruh&#xD; terhadap kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana&#xD; Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone?.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dalam&#xD; penelitian ini yaitu dokumentasi dan tes serta dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif&#xD; yang meliputi 1) Reliabilitas, 2) Uji Normalitas, 3) Uji Homogenitas, dan 4) Uji Hipotesis. Populasi&#xD; dalam penelitian ini adalah seluruh murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten&#xD; Bone. Tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah sebanyak 90 orang. Sampel dalam penelitian ini&#xD; adalah siswa kelas V SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yang berjumlah&#xD; 13 murid.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) gambaran pelaksanaan pembelajaran tipe&#xD; Talking Stick pada murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu&#xD; terlaksana dengan baik yang berada pada kategori sangat tinggi, (ii) gambaran kemampuan&#xD; berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana&#xD; Kabupaten Bone yaitu kemampuan berkomunikasi murid pada pelajaran IPS pada pada saat&#xD; pemberian pre-test masuk pada kategori masih kurang. Sedangkan (iii) penggunaan pembelajaran&#xD; tipe Talking Stick dalam pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan&#xD; berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana&#xD; Kabupaten Bone.&#xD; Kata kunci: Pembelajaran Tipe Talking Stick, blog, Kemampuan Berkomunikasi Murid</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13707/1/6.%20JURNAL%20MUH.%20NENG.pdf</identifier><identifier> NENG, MUH.NENG (2019) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MURID SD NEGERI 83 CENRANA KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13707</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NENG, MUH.NENG
title PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MURID SD NEGERI 83 CENRANA KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE
publishDate 2019
topic ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/13707/1/6.%20JURNAL%20MUH.%20NENG.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13707/
contents Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan berkomunikasi murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan pembelajaran tipe Talking Stick pada murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? (ii) Bagaimana gambaran kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? dan (iii) Apakah pelaksanaan pembelajaran tipe Talking Stick berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone?. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan tes serta dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yang meliputi 1) Reliabilitas, 2) Uji Normalitas, 3) Uji Homogenitas, dan 4) Uji Hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah sebanyak 90 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yang berjumlah 13 murid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) gambaran pelaksanaan pembelajaran tipe Talking Stick pada murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu terlaksana dengan baik yang berada pada kategori sangat tinggi, (ii) gambaran kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu kemampuan berkomunikasi murid pada pelajaran IPS pada pada saat pemberian pre-test masuk pada kategori masih kurang. Sedangkan (iii) penggunaan pembelajaran tipe Talking Stick dalam pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Kata kunci: Pembelajaran Tipe Talking Stick, blog, Kemampuan Berkomunikasi Murid
id IOS3399.13707
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-07-03T11:51:34Z
last_indexed 2019-07-03T11:51:34Z
recordtype dc
_version_ 1764483825907269632
score 17.538404