PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MURID SD NEGERI 83 CENRANA KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE
Main Author: | NENG, MUH.NENG |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/13707/1/6.%20JURNAL%20MUH.%20NENG.pdf http://eprints.unm.ac.id/13707/ |
ctrlnum |
13707 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13707/</relation><title>PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MURID SD NEGERI 83 CENRANA KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE</title><creator>NENG, MUH.NENG</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)</subject><description>Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan berkomunikasi murid SD Negeri
83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i)
Bagaimanakah gambaran pelaksanaan pembelajaran tipe Talking Stick pada murid SD Negeri 83
Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? (ii) Bagaimana gambaran kemampuan
berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone? dan (iii) Apakah pelaksanaan pembelajaran tipe Talking Stick berpengaruh
terhadap kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana
Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone?.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu dokumentasi dan tes serta dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
yang meliputi 1) Reliabilitas, 2) Uji Normalitas, 3) Uji Homogenitas, dan 4) Uji Hipotesis. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten
Bone. Tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah sebanyak 90 orang. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yang berjumlah
13 murid.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) gambaran pelaksanaan pembelajaran tipe
Talking Stick pada murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu
terlaksana dengan baik yang berada pada kategori sangat tinggi, (ii) gambaran kemampuan
berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone yaitu kemampuan berkomunikasi murid pada pelajaran IPS pada pada saat
pemberian pre-test masuk pada kategori masih kurang. Sedangkan (iii) penggunaan pembelajaran
tipe Talking Stick dalam pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan
berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone.
Kata kunci: Pembelajaran Tipe Talking Stick, blog, Kemampuan Berkomunikasi Murid</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13707/1/6.%20JURNAL%20MUH.%20NENG.pdf</identifier><identifier> NENG, MUH.NENG (2019) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MURID SD NEGERI 83 CENRANA KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13707</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
NENG, MUH.NENG |
title |
PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MURID SD NEGERI 83 CENRANA KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE |
publishDate |
2019 |
topic |
ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/13707/1/6.%20JURNAL%20MUH.%20NENG.pdf http://eprints.unm.ac.id/13707/ |
contents |
Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan berkomunikasi murid SD Negeri
83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i)
Bagaimanakah gambaran pelaksanaan pembelajaran tipe Talking Stick pada murid SD Negeri 83
Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone? (ii) Bagaimana gambaran kemampuan
berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone? dan (iii) Apakah pelaksanaan pembelajaran tipe Talking Stick berpengaruh
terhadap kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana
Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone?.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu dokumentasi dan tes serta dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
yang meliputi 1) Reliabilitas, 2) Uji Normalitas, 3) Uji Homogenitas, dan 4) Uji Hipotesis. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten
Bone. Tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah sebanyak 90 orang. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yang berjumlah
13 murid.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) gambaran pelaksanaan pembelajaran tipe
Talking Stick pada murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yaitu
terlaksana dengan baik yang berada pada kategori sangat tinggi, (ii) gambaran kemampuan
berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone yaitu kemampuan berkomunikasi murid pada pelajaran IPS pada pada saat
pemberian pre-test masuk pada kategori masih kurang. Sedangkan (iii) penggunaan pembelajaran
tipe Talking Stick dalam pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan
berkomunikasi pada mata pelajaran IPS murid SD Negeri 83 Cenrana Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone.
Kata kunci: Pembelajaran Tipe Talking Stick, blog, Kemampuan Berkomunikasi Murid |
id |
IOS3399.13707 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2019-07-03T11:51:34Z |
last_indexed |
2019-07-03T11:51:34Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483825907269632 |
score |
17.538404 |