SURVEI TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG DI WISATA AIR TERJUN BANTIMURUNG KABUPATEN MAROS
Main Author: | SANTOSO, NUR RAHMAT |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/13668/1/JURNAL%20PDF.pdf http://eprints.unm.ac.id/13668/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Pengunjung di Wisata Air Terjun Bantimurung, Kabupaten Maros. Populasi penelitian ini sebanyak 40 orang dari seluruh pengunjung yang ada di Wisata Air Terjun Bantimurung, Kabupaten Maros. Instrumen penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut:1. Observasi (wawancara langsung kesebagian sampel, serta ke pengelolah di Wisata Wisata Air Terjun Bantimurung mengenai indikator tingkat kepuasan di antaranya mengenai faktor kebutuhan, faktor keinginan dan faktor layanan jasa).2. Angket (dengan berpatokan pada skala likers. dalam hal ini angket dibagikan kesemua pengunjung yang dijadikan sebagai sampel di Wisata Air Terjun Bantimurung, Kabupaten Maros). 3. Dokumentasi (hal ini sebagai bukti nyata dalam penelitian ini dengan mengambil gambar dengan pengelolah, sampel dan dosen pembimbing). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahawa Tingkat Kepuasan Pengunjung Di Wisata Air Terjun Bantimurung, Kabupaten Maros dengan beberapa indikator tingkat kepuasan diantaranya faktor kebutuhan, faktor keinginan dan faktor layanan jasa. Dari analisis ketiga faktor yang menjadi tolak ukur dalam penelitian tingkat Kepuasan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian survei tingkat kepuasan pengunjung di Wisata Air Terjun Bantimurung adalah 32,5%. Dan masuk dalam kategori rendah. Kata Kunci : Tingkat Kepuasan Pengunjung