PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MURID SD NEGERI 192 MATTAMPAE KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE

Main Authors: Sunniati, Sunniati, Tolla, Ismail, Haling, Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13640/1/13.%20JURNAL%20SUNNIATI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13640/
ctrlnum 13640
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13640/</relation><title>PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MURID SD NEGERI 192 MATTAMPAE KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE</title><creator>Sunniati, Sunniati</creator><creator>Tolla, Ismail</creator><creator>Haling, Abdul</creator><subject>PASCASARJANA</subject><description>Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam berpikir&#xD; kreatif masih rendah karena guru lebih domonan dalam proses pembelajaran dan metode yang digunakan&#xD; bersifat konvensional oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi&#xD; pembelajaran open ended problem, untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kreatif murid, dan&#xD; untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan implementasi pembelajaran open ended problem&#xD; terhadap kemampuan berpikir kreatif murid kelas V SD Negeri 192 Mattampae Kecamatan Ponre&#xD; Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent&#xD; control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas I&#x2013;VI SD Negeri 192&#xD; Mattampae Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah murid&#xD; kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Hasil penelitian menunjukkan guru&#xD; melaksanakan pembelajaran open ended problem dengan baik, murid juga aktif dalam proses&#xD; pembelajaran open ended problem, kemampuan berpikir kreatif murid kelompok eksperimen meningkat&#xD; dari kategori cukup menjadi kategori sangat tinggi, kemampuan berpikir kreatif murid kelompok kontrol&#xD; tidak mengalami peningkatan dengan tetap berada pada kategori cukup, dan terdapat pengaruh&#xD; implementasi pembelajaran open ended problem terhadap kemampuan berpikir kreatif murid kelas V SD&#xD; Negeri 192 Mattampae Kecamatan Ponre Kabupaten Bone.&#xD; Kata kunci: Pembelajaran Open Ended Problem, Kemampuan Berpikir Kreatif</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13640/1/13.%20JURNAL%20SUNNIATI.pdf</identifier><identifier> Sunniati, Sunniati and Tolla, Ismail and Haling, Abdul (2019) PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MURID SD NEGERI 192 MATTAMPAE KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13640</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sunniati, Sunniati
Tolla, Ismail
Haling, Abdul
title PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MURID SD NEGERI 192 MATTAMPAE KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE
publishDate 2019
topic PASCASARJANA
url http://eprints.unm.ac.id/13640/1/13.%20JURNAL%20SUNNIATI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13640/
contents Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif masih rendah karena guru lebih domonan dalam proses pembelajaran dan metode yang digunakan bersifat konvensional oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi pembelajaran open ended problem, untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kreatif murid, dan untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan implementasi pembelajaran open ended problem terhadap kemampuan berpikir kreatif murid kelas V SD Negeri 192 Mattampae Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas I–VI SD Negeri 192 Mattampae Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah murid kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Hasil penelitian menunjukkan guru melaksanakan pembelajaran open ended problem dengan baik, murid juga aktif dalam proses pembelajaran open ended problem, kemampuan berpikir kreatif murid kelompok eksperimen meningkat dari kategori cukup menjadi kategori sangat tinggi, kemampuan berpikir kreatif murid kelompok kontrol tidak mengalami peningkatan dengan tetap berada pada kategori cukup, dan terdapat pengaruh implementasi pembelajaran open ended problem terhadap kemampuan berpikir kreatif murid kelas V SD Negeri 192 Mattampae Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Kata kunci: Pembelajaran Open Ended Problem, Kemampuan Berpikir Kreatif
id IOS3399.13640
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2019-07-03T11:51:34Z
last_indexed 2019-07-03T11:51:34Z
recordtype dc
_version_ 1764483825497276416
score 17.538404