PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MURID SD NEGERI 192 MATTAMPAE KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE
Main Authors: | Sunniati, Sunniati, Tolla, Ismail, Haling, Abdul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/13640/1/13.%20JURNAL%20SUNNIATI.pdf http://eprints.unm.ac.id/13640/ |
ctrlnum |
13640 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/13640/</relation><title>PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MURID SD NEGERI 192 MATTAMPAE KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE</title><creator>Sunniati, Sunniati</creator><creator>Tolla, Ismail</creator><creator>Haling, Abdul</creator><subject>PASCASARJANA</subject><description>Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam berpikir
kreatif masih rendah karena guru lebih domonan dalam proses pembelajaran dan metode yang digunakan
bersifat konvensional oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi
pembelajaran open ended problem, untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kreatif murid, dan
untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan implementasi pembelajaran open ended problem
terhadap kemampuan berpikir kreatif murid kelas V SD Negeri 192 Mattampae Kecamatan Ponre
Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent
control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas I–VI SD Negeri 192
Mattampae Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah murid
kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Hasil penelitian menunjukkan guru
melaksanakan pembelajaran open ended problem dengan baik, murid juga aktif dalam proses
pembelajaran open ended problem, kemampuan berpikir kreatif murid kelompok eksperimen meningkat
dari kategori cukup menjadi kategori sangat tinggi, kemampuan berpikir kreatif murid kelompok kontrol
tidak mengalami peningkatan dengan tetap berada pada kategori cukup, dan terdapat pengaruh
implementasi pembelajaran open ended problem terhadap kemampuan berpikir kreatif murid kelas V SD
Negeri 192 Mattampae Kecamatan Ponre Kabupaten Bone.
Kata kunci: Pembelajaran Open Ended Problem, Kemampuan Berpikir Kreatif</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/13640/1/13.%20JURNAL%20SUNNIATI.pdf</identifier><identifier> Sunniati, Sunniati and Tolla, Ismail and Haling, Abdul (2019) PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MURID SD NEGERI 192 MATTAMPAE KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>13640</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sunniati, Sunniati Tolla, Ismail Haling, Abdul |
title |
PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MURID SD NEGERI 192 MATTAMPAE KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE |
publishDate |
2019 |
topic |
PASCASARJANA |
url |
http://eprints.unm.ac.id/13640/1/13.%20JURNAL%20SUNNIATI.pdf http://eprints.unm.ac.id/13640/ |
contents |
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam berpikir
kreatif masih rendah karena guru lebih domonan dalam proses pembelajaran dan metode yang digunakan
bersifat konvensional oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi
pembelajaran open ended problem, untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kreatif murid, dan
untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan implementasi pembelajaran open ended problem
terhadap kemampuan berpikir kreatif murid kelas V SD Negeri 192 Mattampae Kecamatan Ponre
Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent
control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas I–VI SD Negeri 192
Mattampae Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah murid
kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Hasil penelitian menunjukkan guru
melaksanakan pembelajaran open ended problem dengan baik, murid juga aktif dalam proses
pembelajaran open ended problem, kemampuan berpikir kreatif murid kelompok eksperimen meningkat
dari kategori cukup menjadi kategori sangat tinggi, kemampuan berpikir kreatif murid kelompok kontrol
tidak mengalami peningkatan dengan tetap berada pada kategori cukup, dan terdapat pengaruh
implementasi pembelajaran open ended problem terhadap kemampuan berpikir kreatif murid kelas V SD
Negeri 192 Mattampae Kecamatan Ponre Kabupaten Bone.
Kata kunci: Pembelajaran Open Ended Problem, Kemampuan Berpikir Kreatif |
id |
IOS3399.13640 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2019-07-03T11:51:34Z |
last_indexed |
2019-07-03T11:51:34Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483825497276416 |
score |
17.538404 |