PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEDISIPLINAN MURID SD INPRES 12/79 JEPPE’E KECAMATAN RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE

Main Authors: TAHIR, SRYANA, TOLLA, ISMAIL, HALING, ABDUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/13617/1/7.%20JURNAL%20SRYANA%20TAHIR.pdf
http://eprints.unm.ac.id/13617/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui gambaran penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA, mengetahui gambaran kedisiplinan murid, mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran terhadap kedisiplinan murid kelas V SD Inpres12/79 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah 43 murid yang terdiri dari 21 murid kelas Va dan 22 murid kelas Vb. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan cara uji validasi, uji reliabilitas dan analisis inferensial dengan cara uji hipotesis menggunakant-test.Hasil penelitian menunjukkan: gambaranpenerapanmetode demonstrasi dengan baik dan berada pada kategori sangat baik, murid aktif dalam pelaksanaan metode demonstrasi dengan kategori sangat baik, Kedisiplinanmurid pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi kategori sangat baik, sedangkan kedisiplinan murid pada kelompok kontrol tidak mengalami peningkatan dengan tetap berada pada kategori cukup, Terdapat pengaruh penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA terhadap kedisiplinan murid kelas V SD Inpres12/79 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Kedisiplinan Murid